KAI Daop 9 Berikan Makanan kepada Penumpang KA yang Terdampak Banjir di Grobogan
- KAI Daop 9
Jember, VIVA Jatim –PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 9 Jember memberikan perhatian khusus kepada penumpang KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan yang mengalami keterlambatan akibat banjir yang melanda Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah.
Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan terbaik, KAI memberikan "service recovery" berupa makanan dan air untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan penumpang.
"Sebagai wujud komitmen dalam memberikan pelayanan terbaik, kami membagikan makanan atau minuman sebagai 'service recovery' bagi penumpang yang mengalami ketidaknyamanan berupa keterlambatan perjalanan kereta api," kata Manajer Hukum dan Humas KAI Daop 9, Cahyo Widiantoro, di Jember, Jawa Timur, dilansir dari Antara Senin, 27 Januari 2025.
Menurut Cahyo, banjir yang terjadi di Kabupaten Grobogan menyebabkan perjalanan KA Blambangan Ekspres dan KA Pandalungan harus dilakukan rekayasa pola operasi, yang mengakibatkan keterlambatan kedatangan di stasiun tujuan.
Meski demikian, KAI tetap berupaya memastikan kenyamanan penumpang, salah satunya dengan memberikan "service recovery".
Pemberian "service recovery" tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Dalam peraturan itu disebutkan, jika kereta mengalami keterlambatan lebih dari satu jam, penumpang akan diberikan minuman ringan.
Jika keterlambatan lebih dari tiga jam, penumpang akan diberikan minuman dan makanan ringan. Apabila keterlambatannya lebih dari lima jam, penumpang akan diberikan minuman dan makanan berat.