Silaturahmi ke Kapolda Jatim, Kakanwil Kemenkumham Komitmen Bangun Sistem Peradilan Pidana Terpadu

Kakanwil Kemenkumham Jatim silaturahim dengan Kapolda Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Pembangunan Sistem Peradilan Pidana Terpadu (SPPT) menjadi wacana penting dari aparat penegak hukum. Bahkan, Kakanwil Kemenkumham Jatim Imam Jauhari berkomitmen membangun SPPT dengan kepolisian. 

Siap Bersinergi dan Kolaborasi, Kemenkumham Jatim Dukung Program Pergantian Pimpinan Tinggi di Pusat

Hal itu disampaikan Imam saat menggelar silaturahmi dengan Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto. Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Patuh Mapolda Jatim itu dalam rangka Kolaborasi Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Kepolisian (Dilkumjakpol) Tahun 2023.

Diketahui, pertemuan ini menjadi titik awal dari sinergitas kedua instansi plat merah itu ke depannya. Sehingga bisa tercipta penegakan dan pembinaan hukum yang baik di masyarakat.

16 Ribu Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Jawa Timur

Saat membuka forum Imam menjelaskan kondisi satker jajarannya. Khususnya satker pemasyarakatan dan keimigrasian.

"Kami membawahi lapas, rutan dan kantor imigrasi yang banyak bersentuhan langsung dengan pihak kepolisian dan selama ini komunikasi dan kolaborasi dengan anggota kepolisian berjalan dengan baik," terangnya.

Monev Pelayanan Pemasyarakatan selama Ramadan, Kemenkumham Jatim: Momentum Saling Bertukar Pikiran

Pria asal Pamekasan itu lantas menjelaskan kondisi lapas dan rutan di Jatim. Imam menyatakan bahwa hampir 60% warga binaan berasal dari kasus narkoba. 

"Kami telah berupaya menanggulangi dampak buruk bagi penyalahguna narkoba dengan menerapkan program rehabilitasi sosial maupun medis. Namun, belum optimal karena anggaran terbatas," urainya.

Halaman Selanjutnya
img_title