Malang Nian Nasib Bayi Ini, Terkena Serpihan Ledakan Petasan di Blitar

Ilustrasi bayi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Seorang bayi bernama Bara Kartanegara harus dirawat di RSUD Srengat Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pasalnya, anak tak berdosa itu bernasib malang lantaran terkena serpihan-serpihan sisa ledakan petasan yang terjadi pada Senin, 20 Februari 2023 kemarin. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Kedua orang tuanya, yakni Tri Wahyudi (27), ayahnya dan Dewi Ernawati (21) menceritakan bahwa saat sebelum kejadian, mereka bertiga sedang berada di dalam rumah. Mereka sudah terlelap tidur. Namun seketika terbangun lantaran terdengar suara angin yang demikian kencang. Mereka pun keluar rumah. 

Tak lama kemudian, tiba-tiba terjadi ledakan yang amat dahsyat dari dalam rumah salah seorang warga di lokasi, Dusun Sadeng Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Mereka dan anaknya yang masih bayi terkena serpihan-serpihan sisa ledakan. 

Tega! Ayah di Surabaya Pukul dan Banting Bayi Umur 6 Hari

"Sekarang kami sekeluarga sedang dalam masa pemulihan. Alhamdulillah lukanya tidak terlalu berat, hanya terkena serpihan. Malam itu saya sedang tidur, tiba-tiba bangun karena ada angin kencang sekali, tapi setelah itu malah ada ledakan besar," ujarnya dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Rabu, 22 Februari 2023. 

Sementara pantauan di lokasi, ada lebih dari 31 rumah dan 1 masjid mengalami rusak  akibat ledakan yang berasal dari salah satu rumah warga tersebut. Tercatat 2 unit rumah rusak berat, 11 unit rusak sedang dan 18 rusak ringan. Selain itu, terdapat 1 rumah yang rata dengan tanah. Berdasarkan data BPBD Prov Jatim, ledakan ini menelan 4 korban jiwa dan 23 korban luka-luka termasuk bayi berusia 4 bulan. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Akibat peristiwa itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bersama Kapolda Jatim Irjen Pol Toni Harmanto dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Farid Makruf bergerak cepat mengunjungi korban ledakan petasan yang dirawat RS Srengat Kab Blitar, Selasa, 21 Februari 2023.

Tak hanya itu, Gubernur Khofifah juga meninjau langsung tempat terjadinya ledakan di Dusun Tegalrejo, Desa Karangbendo, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar. Ia pun menyampaikan duka cita mendalam. Kendati demikian, dirinya tidak dapat membenarkan adanya kegiatan merakit, memproduksi, dan menjual petasan.

Halaman Selanjutnya
img_title