Buka Bursa Pariwisata Jatim 2023, Khofifah Tekankan Semangat Inspiratif, Kolaborasi, dan Inovasi

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Saat membuka Bursa Pariwisata Jatim 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya,  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menekankan pentingnya pendekatan inisiatif, kolaborasi, dan inovasi (IKI) di sektor pariwisata, Jum’at, 3 Maret 2023, Malam,

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

"Menghadapi dinamika perubahan global, maka orang bertanya bagaimana cara menghadapinya, bagi  Jawa Timur " IKI" jawabane. Berarti harus ada inisiatif, kolaborasi , dan inovasi dalam menghadapi berbagai masalah, termasuk dalam.pengembangan sektor pariwisata," ujarnya saat membuka Bursa Pariwisata Jatim 2023 di Grand Atrium Pakuwon Mall Surabaya, Jumat (3/2) malam. 

Khofifah menyebut, IKI memang solusi dalam menghadapi berbagai tantangan perubahan dan ketidakpastian dunia. Sehingga, semua pihak harus berani berinspirasi menjalin kolaborasi dan terus berinovasi. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

"Maka dari itu, saya berharap  seluruh insan pariwisata di Jawa Timur dapat membangun partnership dengan daerah-daerah dan negara-negara lain untuk meluasjan jejaring kepariwisataan . Bagaimana kita saling bertukar skill, akses, dan penguatan SDM di masing-masing entitas kepariwisataan," jelas Khofifah.

Jawa Timur sendiri, ungkap gubernur perempuan pertama Jatim itu, memiliki kekuatan berupa 1.516 titik destinasi, baik budaya, alam ataupun buatan. Yang mana, untuk memaksimalkan potensi yang ada, Pemerintah Provinsi Jawa Timur telah mengupayakan berbagai program. 

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Di luar itu Jawa Timur memiliki 596 desa wisata. Kita mendorong agar menjadi  Desa Wisata Rakyatnya Cerdas Mandiri Sejahtera (Dewi Cemara). 

"Rata-rata  desa wisata yang berkembang dan  maju adalah yang hati kepala desanya ada di desa wisata tersebut. Setiap kali selalu ada spot pariwisata baru yang orang selalu mencari dan tidak pernah bosan untuk kembali ke desa tersebut," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title