Begini Cara Branding Ikan Mas Koki Ekspor ala Kemendes PDTT

Abdul Halim Iskandar meninjau budidaya Ikan Mas Koki terintregrasi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) membranding Ikan Mas Koki asal Tulungagung untuk ekspor. Salah satu caranya dengan menaruh Ikan Mas Koki Tulungagung itu di akuarium di ruang tamu Kemendes PDTT.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Sehingga siapapun yang baca itu, ada ikan Mas Koki Tulungagung. Termasuk saya tadi dapat souvenir Ikan Mas Koki Jenis Ranchu. Saya pasang diatasnya (tulisan) jenis ikan hasil budidaya Tulungagung ikan mas koki Tulungagung," ungkap Kemendes PDTT, Abdul Halim Iskandar, dalam kunjungan pelepasan ekspor perdana di Tulungagung, Minggu 12 Maret 2023.

Menurutnya, ekspor perdana kali ini ketiga negara tujuan, yakni ke Jepang, Autralia hingga Eropa di Inggris. Akan tetapi masih ada negara-negara yang masih belum terjamah ekspor. Sementata permintaan tertinggi berasal dari Inggris dan Australia.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

"Sedangkan untuk Afrika Selatan belum terjamah, katanya juga butuh banyak suplai Ikan Mas Koki," ulasnya. 

Pria yang merupakan cicit KH Bisri Syamsuri ini menyambut bahagia atas tercapainya ekspor perdana Ikan Mas Koki. Ia optimis sangat bagus untuk akselerasi ekonomi dari desa ke kancah dunia. Berbicara akselerasi, Halim Iskandar menuturkan, akselerasi yang paling efektif cuma satu yaitu ekspor.

Ambulans Angkut 8 Penumpang Alami Kecelakaan di Tulungagung, 3 Luka-luka

Pihaknya menambahkan melalui ekspor,  eksplorasi ekonomi juga akan terus digalang oleh pemerintah. Pasalnya, kelemahan klasik yang dialami oleh UMKM, pembudidaya dan lain sebagainya terletak di market (pasar).

"Disitulah maka, sinergitas antara Kementerian, antar lembaga memang sangat dibutuhkan. Kapan bisa memiliki tanggung jawab yang luar biasa terkait dengan pengembangan ekspor," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title