Arab Saudi dan Surih Kini Bicarakan tentang Pembukaan Kedubes

Pertemuan Menteri Perdagangan RI dengan para pengusaha di Arab Saudi
Sumber :
  • Viva

JatimArab Saudi dan Suriah kini kembali membicarakan mengenai pembukaan kedutaan besar pada Kamis, 23 Maret 2023 lalu setelah lebih dari satu dekade Arab Saudi memutuskan hubungan dengan Suriah.

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

"Sebuah diskusi sedang berlangsung antara pejabat di kerajaan dan rekan mereka di Suriah tentang melanjutkan penyediaan layanan konsuler," kata seorang pejabat kementerian luar negeri Saudi.

Dikutip dari Viva, Jumat, 24 Maret 2023, laporan tersebut tidak menyebutkan kapan, tepatnya kedutaan besar Suriah akan dibuka di Arab Saudi. 

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Kesepakatan yang ditengahi China,  Awal bulan ini juga diumumkan untuk memulihkan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran, tujuh tahun setelah mereka perang dingin.

Riyadh sebelumnya telah mengisyaratkan pemulihan hubungan dengan Suriah selama berminggu-minggu. Hal itu juga bisa dilihat dari Arab Saudi, yang mengirim bantuan ke Suriah, setelah gempa dahsyat Turki, pada 6 Februari lalu. 

3 Langkah Kebijakan Ekonomi RI Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel

Meski demikian, bantuan itu tidak melibatkan pemerintah Assad, dan para pejabat Saudi malah berkoordinasi dengan Bulan Sabit Merah Suriah, untuk bantuan yang masuk ke wilayah yang dikuasai pemerintah.

Menteri Luar Negeri Saudi Pangeran Faisal bin Farhan mengatakan pada bulan Februari lalu, bahwa pendekatan dengan Suriah membutuhkan negosiasi dengan Damaskus untuk mengatasi krisis kemanusiaan. 

Halaman Selanjutnya
img_title