Bersama Baznas, Gubernur Khofifah Ingatkan Empat Wasiat Sunan Drajat tentang Motivasi Berzakat

Gubernur Jawa Timur dengan Baznas Jatim lakukan Gerakan Zakat
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menggalakkan Gerakan Zakat Bersama Gubernur Jawa Timur dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim di Gedung Negara Grahadi pada Minggu, 26 Maret 2023.

Khofifah Tak Tertandingi di Pilgub Jatim Versi ARCI, Cak Imin Ungguli Risma

Pada kesempatan itu, Gubernur Khofifah membayarkan langsung zakat malnya dan diikuti oleh para Kepala OPD dan Forkopimda, serta pelaku Dunia Usaha dan Industri Kerja (DUDIKA).

Usai membayar zakat, orang nomor satu di Jatim itu menyampaikan, ada empat   wasiat  (catur piwulang) Sunan Drajat sebagai pengingat untuk ber infak, shodaqah dan  berzakat. 

Alasan Demokrat Jatim Yakin Khofifah-Emil Kembali Duet di Pilgub Jatim 2024

Empat  wasiat itu adalah wenohono pangan marang wong kang kaliren (berilah makan kepada orang yang kelaparan) , wenehono teken marang wong kang wuto (berilah tongkat pada orang yang buta) , wenohono sandang marang wong kang wudo (berilah baju pada orang yang tidak berpakaian), wenehono payung marang wong kang kaudanan (berilah payung kepada orang yang kehujanan)  ini dikenal dengan catur piwulang Sunan Drajat. 

"Bahwa  kita harus bersyukur atas  kelebihan yang Allah anugerahkan kepada kita semua. Di makam Sunan Drajat di Lamongan ada pesan yang bermakna untuk motivasi kita untuk berinfak, shodaqah dan zakat ," ungkap Khofifah. 

Ada Pasar Murah, Pemprov Jatim juga Serahkan Santunan untuk Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Kediri

Gubernur Khofifah berpesan, agar setiap orang mau berbagi rezeki dalam bentuk pangan kepada saudara sesama. Apabila tidak menemukan atau tidak tahu kemana harus menyalurkannya, Baznas Jatim bisa menjadi amilnya. Salah satunya lewat  Z Chicken Baznas yang diluncurkan oleh Baznas RI. 

Z Chicken ini, kata Gubernur Khofifah merupakan bantuan usaha mulai dari bahan baku pemasaran untuk meningkatkan perekonomian masyarakat hingga bisa menjadi orang yang berinfaq, bersodaqah dan berzakat baik dalam bentuk harta atau pangan. 

Halaman Selanjutnya
img_title