Jadi Polemik, Jokowi Disarankan Segera Mencabut Larangan Bukber Puasa Pejabat

Heikal Safar saat acara bukber puasa di kantor DPP Nasdem
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Langkah pemerintah yang melarang pejabat untuk buka bersama (bukber) puasa selama bulan Ramadhan menuai sorotan. Kebijakan tersebut membuat heboh publik dan menimbulkan kegaduhan. 

Partai Nasdem Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, PKB Respon Begini!

Sorotan tersebut menurut beberapa orang bahwa bukber sudah menjadi tradisi positif selama Ramadhan yang tak perlu dipersoalkan. Salah satunya dari Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Gerakan Restorasi Pedagang dan UMKM (GARPU) Jawa Barat yang bagian ormas sayap Nasdem, Heikal Safar. 

Menurutnya, kebijakan pemerintah tersebut memunculkan perdebatan di tengah publik. Ia meminta agar Presiden Jokowi mencabut larangan tersebut. 

Ceria Gelar Rangkaian Safari Ramadhan 1445 H, Buka Puasa Bersama dengan Tokoh Masyarakat

"Saya selaku Ketua DPW Sayap Partai Nasdem Garpu Jabar meminta sebaiknya Bapak Presiden Joko Widodo segera mencabut larangan buka puasa bersama yang sudah menjadi tradisi pemersatu bangsa di negeri kita Indonesia tercinta ini," kata Heikal, dalam keterangannya, Minggu, 26 Maret 2023.

Dia pun mengapresiasi kegiatan bukber Partai Nasdem yang berlokasi i Ball Room Nasdem Tower Gondangdia Jakarta Pusat, baru-baru ini. Kata dia, acara yang untuk pererat tali silaturahmi bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh itu  mengundang sejumlah  tokoh partai politik dan tokoh. Heikal menyebut deretan tokoh yang hadir antara lain Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Sekretaris Jenderal Partai Keadilan Sejahtera Habib Aboe Bakar Al Habsyi.

Silaturahmi Ramadan, Ketua NU Jatim Ajak Jaga Persatuan Bangsa

Selain itu, ada mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla,  Bakal Calon Presiden Anies Baswedan. Bagi dia, kegiatan bukber di DPP Nasdem sebagai medium untuk jalin tali silaturahmi antara ulama, pemimpin (Umaro) dan rakyat sekaligus. Pun, dia juga menilai bukber untuk mengasah spirit toleransi serta kerukunan antara umat beragama. 

"Bagi saya selaku Ketua DPW Garpu Jawa Barat yang merupakan sayap Partai Nasdem dan juga tentunya seluruh elemen masyarakat Indonesia lainnya, sangat enak dan nikmat kalau melihat ulama, pemimpin (Umaro)  dan rakyatnya hidup rukun dan damai," lanjut Heikal.

Halaman Selanjutnya
img_title