Balita Meninggal Usai Imunisasi, Dinkes Trenggalek: Simpulan Awal Co-insiden

Kantor Dinkes PPKB Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Kasus balita MA (5 bulan) meninggal pada Jum'at 24 Maret 2023 pasca menjalani imunisasi menyita perhatian. Dinas Kesehatan (Dinkes) Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Trenggalek menuturkan simpulan awal merupakan co-insiden.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Ini menurut WHO diklasifikasi, yang terakhir adalah Co-insiden. Itu sesuatu kejadian yang terjadi bersama-sama. Pada saat tertentu mendapat vaksin (DPT), satu sisi dia ada penyakit di dalam tubuhnya. Saat di skrining dia belum menimbulkan gejala," beber Pelaksana Tugas (Plt) Dinkes PPKB, Trenggalek, Sunarto saat dikonfirmasi, Selasa 28 Maret 2023.

Pihaknya menampik keterangan yang diberikan oleh keluarga korban bahwa yang diberikan bukanlah Imunisasi TT atau Tetanus Toxoid. Melainkan DPT-HB-Hib 1, lalu, DPT-HB-Hib 2 Polio 3, PVC serta tetes Polio.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Menurut Sunarto, hal yang lumrah terjadi selepas Imunisasi ialah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Ia meluruskan penyebab KIPI ada yang saling berkaitan dengan vaksin. Lalu, bisa juga karena proses penyimpanan vaksin, sehingga bisa menimbulkan KIPI.

Selanjutnya, cara mendeteksi apakah itu KIPI atau bukan melalui anak A disuntik yang sama, tentu akan meninggalkan efek sama seperti si B. Namun, pihaknya tidak menemukan hal tersebut.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

"Kedua, anak ini ada kontra indikasi, ternyata setelah kita skrining tentunya sangat dipengaruhi oleh komunikasi kedua belah pihak. Petugas dan keluarga, setelah diskrining ternyata bukan dari anak kontra indikasi," terangnya.

Dinkes PPKBA dalam kasus ini akan melakukan pendalaman prosedur. Pertama melakukan pelacakan informasi betul atau salah. Tindakan dengan melakukan pelacakan kepada yang bersangkutan, pihak rumah sakit kebetulan di rawat di RSUD Soedomo.

Halaman Selanjutnya
img_title