Hujan Deras Sebabkan Pagar SD di Trenggalek Longsor 4 Meter

Suasana pagar halaman SDN di Trenggalek longsor
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

JatimCurah hujan dengan intensitas sedang membuat tembok pagar salah satu Sekolah Dasar (SD) di Trenggalek roboh. Kejadian tersebut sempat direkam oleh warga sekitar, tampak aliran air cukup deras  air bercampur lumpur. 

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Pelaksana BPBD Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono. Ia melaporkan kejadian terjadi pada Sabtu, 1 April 2023 sekitar Pukul 13.45 WIB bertempat di SDN 2 Kertosono. Tepatnya di RT 24 RW 08 Dusun Gebang Desa Kertosono Kecamatan Panggul.

Setelah dilakukan assessment lebih lanjut, ada human error yaitu adanya sungai yang dibendung (ditanggul) warga, sehingga mengakibatkan tidak kuat menahan air hingga jebol. Air meluber ke halaman sekolah, hingga terjadi longsor,  yang mengakibatkan pagar sekolah roboh. 

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Telah terjadi pagar halaman SDN 2 Kertosono longsor atau roboh. Akibat hujan dan kolam milik Bapak Khoiri jebol dan airnya meluber ke sekolah," ungkap Stefanus Triadi Atmono melalui keterangan resminya.

Triadi menambahkan, spesifikasi halaman dan pagar sekolah SDN 2 Kertosono yang longsor setinggi 4 meter. Lalu, lebar halaman 3 meter dan panjang 55 meter. Kendati tidak ada korban jiwa, namun akibat kejadian ini, kerugian materil ditaksir Rp 150 juta.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Assesment yang dilakukan BPBD yaitu menerima laporan, mendatangi Tempat Kejadia Perkara (TKP). Selanjutnya mendata kerugian dan melaporkan ke komando atas.

Mendapat laporan tersebut, petugas yang mendatangi lokasi diantaranya, Babinsa Desa Kertosono, TRC BPBD Wilayah Kecamatan Panggul, BKTM Desa Kertosono. Lalu TRC Wilayah Kecamatan Panggul, Relawan TRC Wilayah Kecamatan Panggul, Kepala Sekolah SDN 2 Kertosono dan Perangkat Desa Kertosono.

Halaman Selanjutnya
img_title