Presiden KSPSI Bakal Bantu Mahfud MD Bongkar Praktik Jaringan TPPO

Andi Gani Nena Wea
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimPresiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Andi Gani Nena Wea yang juga Presiden ASEAN Trade Union Council (ATUC) ini mengaku akan menggunakan jaringannya di seluruh ASEAN guna membantu memberangus human trafficking yang sudah sangat mengkhawatirkan. 

Menko Polhukam: Situasi Usai Pemilu 2024 Masih Aman Terkendali

Bahkan dirinya memastikan telah menhubungi langsung Mahfud MD untuk memberikan dukungannya memberantas TPPO

Diketahui, Menko Polhukam, Mahfud MD, mengaku telah mengantongi daftar sejumlah jaringan perdagangan orang di Batam, Kepulauan Riau. Anggota jaringan disebut menyebar di kantor Pemerintah dan swasta. Ia me-warning agar oknum instansi Pemerintah atau masyarakat sipil yang terlibat TPPO segera menghentikan praktik haram tersebut. 

Hasil Pemilu 2024 Diumumkan 20 Maret Mendatang, Menko Polhukam: Masih Tetap, Belum Ada Perubahan

Hal tersebut diungkap dalam pertemuan dengan Romo Paschal di Shelter Komisi Keadilan, Perdamaian, dan Pastoral Migran-Perantau di Batam, kemarin.

Merespon hal itu, Andi Gani lebih lanjut mengatakan dirinya mengaku sudah menginstruksikan Serikat Pekerja Informal dan Pekerja Profesional Indonesia (IMMPI) yang akan mengurus masalah buruh migran untuk terus mengungkap praktik TPPO di Tanah Air. 

Ngaku Dirinya Mantan Cawapres Ganjar, Ini Ucapan Terima Kasih Mahfud MD ke Relawan di Tiktok

"Siapapun dia, apapun jabatannya kalau terlibat TPPO harus siap berhadapan dengan hukum. Saya sangat yakin Pak Mahfud tidak akan surut mengusut masalah TPPO ini. Bukti-bukti keterlibatan beberapa oknum pasti bisa diungkapnya," kata Andi Gani mendukung. 

"Sudah banyak korban jiwa berjatuhan dan ini harus kita hentikan," katanya. Ketua Umum Serikat Pekerja IMMPI, William Yani Wea menambahkan, praktik human trafficking makin memprihatinkan. Apalagi, lanjutnya, diduga ada beking dari oknum pejabat. Salah satu kasusnya terjadi di Batam, Kepulauan Riau.

Halaman Selanjutnya
img_title