Sikapi Polemik Galian C dan Fosfat, ISNU Sumenep Bentuk Timsus

PC ISNU Sumenep saat membentuk tim khusus
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Jatim – Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumenep tengah membentuk tim khusus (timsus) menyikapi ragam polemik yang terjadi. Di antaranya penambangan galian golongan C atau Galian C dan Fosfat yang dinilai meresahkan masyarakat.

Silaturahmi Ramadan, Ketua NU Jatim Ajak Jaga Persatuan Bangsa

PC ISNU Sumenep menilai, dua jenis penambangan tersebut sangat berdampak terhadap lingkungan. Khususnya di sekitar area penambangan. Perihal kerusakan lingkungan yang sudah jelas terlihat banyak rumah dan jalan yang rusak. Cepat atau lambat, kerusakan akan terus terjadi selama belum ada penanganan yang serius.

Ketua PC ISNU Sumenep, KH Muhammad Husnan mengatakan bahwa timsus yang dibentuk akan fokus melakukan kajian dan riset mengenai dampak lingkungan yang terjadi akibat tambang tersebut. Sehingga nantinya ada upaya yang lebih serius dalam menyikapi persoalan yang meresahkan itu.

Perkuat Sinergi dengan Awak Media, NU Jatim Ajak Budayakan Tabayun 

"Kami banyak menerima laporan dan keluhan dari masyarakat yang terdampak dari penambangan Galian C maupun penambangan fosfat," kata Kiai Husnan, dalam keterangan resminya, Minggu, 9 April 2023.

Rektor Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Sumenep itu juga menambahkan bahwa tanah di Sumenep merupakan gugusan batu karst. Karst adalah tandon atau tempat penyimpanan air. Dimana memasok kebutuhan air masyarakat hingga puluhan tahun ke depan.

Gus Muhaimin Salurkan Zakat Maal Rp 250 Juta di Nganjuk Lewat LAZISNU

Dengan demikian, bila fosfatnya diambil, tandonnya pun akan rusak. Sehingga mengancam stabilitas kehidupan manusia di muka bumi. Khususnya di Sumenep karena cepat atau lambat akan terjadi kekeringan hebat.

"Kalau fosfat diambil tandonnya akan rusak. Dalam jangka panjang, kita akan mengalami kekeringan. Di seberapa titik, jika musim kemarau sumur-sumur mulai kekurangan air," tandanya.

Halaman Selanjutnya
img_title