Kendaraan Bertonase Berat Dilarang Melintas Selama Arus Mudik Lebaran 2023

Ilustrasi truk pengangkut barang
Sumber :
  • Viva

Jatim – Untuk mengantisipasi kemacetan pada mudik lebaran tahun 2023 nanti truk bertonase berat dan angkutan barang dilarang melintasi jalur mudik selama operasional angkutan mudik pada 18 April sampai 1 Mei 2023. Selain itu, adanya larangan ini untuk mengantisipasi adanya kejadian yang tidak diinginkan.

1 Mei 2024 Besok, Hindari Jalan Ini Karena Ada Aksi Buruh Peringati May Day di Surabaya

"Larangan melintas untuk kendaraan bertonase berat akan diberlakukan pada mulai 18 April sampai 1 Mei 2023," kata Kasatlantas Polres Karawang, AKP La Ode Habibi Ade Jama, di Karawang, Selasa, 11 April 2023.

Adapun kendaraan berat yang masuk dalam kategori dilarang merupakan jenis kendaraan sumbu tiga atau lebih. Untuk kriterianya ialah mobil barang dengan jumlah berat yang tidak diizinkan (JBI) lebih dari 14.000 kilogram. Selain itu ialah mobil barang dengan kereta tempelan, mobil barang dengan dan kereta gandengan. Kemudian juga mobil barang yang mengangkut tanah, pasir, batu, hasil tambang dan bahan bangunan. 

Dinas PUPR Kediri Sebut Progres Jembatan Jongbiru 75 Persen, Selesai di Pertengahan 2024

"Kendaraan yang dikecualikan dari larangan tersebut yakni untuk pengangkut BBM dan BBG, hewan ternak, pupuk, hantaran uang, bahan pokok serta sepeda motor mudik atau balik gratis," katanya.

Kasatlantas menerangkan selama musim mudik lebaran tahun ini, Polres Karawang telah menyiapkan rekayasa lalu lintas baik di jalur tol, arteri, maupun alternatif.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Sementara itu, Polres Karawang mulai menutup puluhan u-turn atau putaran balik di sepanjang jalur mudik wilayah Karawang. Penutupan u-turn mulai digelar pada Senin 10 April sampai 2 Mei 2023. 

Putaran balik yang ditutup selama musim mudik lebaran itu berada di jalan Arteri Karawang-Cikampek dan jalur Pantura, yakni di jalan l Tanjungpura perbatasan Karawang-Bekasi hingga jalur Pantura Gamon perbatasan Karawang-Subang.

Halaman Selanjutnya
img_title