Qiyamul Lail di KRI Surabaya 591, Gubernur Khofifah juga Bagikan Bansos pada 100 Nelayan di Jatim

Qiyamul lail di di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Surabaya 591
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimGubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa bersama Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah melaksanakan qiyamul lail di di atas Kapal Republik Indonesia (KRI) Surabaya 591, Rabu, 12 April 2023 dini hari.

Khofifah Tak Tertandingi di Pilgub Jatim Versi ARCI, Cak Imin Ungguli Risma

Rangkaian ibadah yang dibingkai dalam acara 'Lautan Doa dan Syiar Samudra Mengejar Lailatul Qadar ini diisi dengan sejumlah kegiatan. Mulai khatmil Qur'an, penyerahan bantuan pada nelayan di lingkungan Koarmada II dan ditutup dengan menjalankan beberapa salat sunah mulai shalat Tahajud, shalat Tasbih, shalat Hajat dan sujud syukur.

Diketahui, di kesempatan ini juga dilakukan pembagian sembako, baju koko, sarung dan uang tunai senilai Rp 200.000,- kepada 100 nelayan dengan penerima perwakilan 20 orang Nelayan binaan Diskanla Provinsi Jatim oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah.

Alasan Demokrat Jatim Yakin Khofifah-Emil Kembali Duet di Pilgub Jatim 2024

Gubernur Khofifah mengatakan, melalui kegiatan ini ada dua kegiatan yang bisa dilakukan sekaligus yaitu bakti sosial dan doa bersama. Menurutnya, kegiatan ini merupakan inisiasi kegiatan yang penuh berkah.

"Saya rasa ini ide brillian dari Pak Pangko Armada II, jadi baksosnya bisa dijalankan tapi sambil kemudian kita melakukan doa bersama dalam format qiyamul lail. Maka kegiatan ini indah  sekali menurut saya," Kata Gubernur Khofifah usai acara Lautan Doa dan Syiar Samudra Mengejar Lailatul Qadar.

Ada Pasar Murah, Pemprov Jatim juga Serahkan Santunan untuk Ratusan Anak Yatim dan Dhuafa di Kediri

Mantan Ketua Umum PP Muslimat NU ini menuturkan, ada beberapa nilai tambah yang bisa diambil kenapa qiyamul lail ini dilaksanakan di atas KRI Surabaya 591 yang sedang berlayar di kawasan selat Madura ini. 

Salah satunya, teladan dari cukup banyak para ulama dimana ketika di akhir Ramadan mereka kerap mengajak santrinya untuk melantunkan berbagai macam dzikir dan  doa di daerah pinggir laut. Tidak hanya itu, pelaksanaan qiyamul lail yang dilakukan di atas KRI Surabaya 591 ini dikatakan Khofifah juga menjadi penguatan cinta terhadap tanah air Indonesia yang delapan puluh persennya wilayah maritim. 

Halaman Selanjutnya
img_title