Momen Haru saat Anas Urbaningrum Sungkem ke Ibunya di Blitar

Anas Urbaningrum di kampung halamannya di Kabupaten Blitar.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum mengunjungi ibunya di Desa Ngaglik, Kecamatanm Srengat, Kabupaten Blitar, pada Rabu, 12 April 2023. Ia sungkem  setelah bebas dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, pada Selasa kemarin.

AHY Bagi-bagi Sertifikat Hak Milik Rumah Peribadatan di Surabaya

Tiba dengan mengendarai bus, ia disambut ratusan sahabat dan simpatisan. Setelah keluar dari dalam bus, Anas langsung masuk dan menemui ibu tercintanya, Srijati, dan sungkem. Anas terlihat menangis sembari meminta doa.

Mantan Ketua Umum PB HMI itu kemudian menyapa para sahabat dan simpatisannya. Ia pun berorasi. “Alhamdulillah, hari ini kakiku bisa menginjakkan tanah ketika saya dilahirkan,” kata Anas.   

Pesan AHY Soal Pemilu 2024 Saat Hadiri Acara Paskah di Surabaya

Usai acara, Anas ogah berkomentar banyak ketika ditanya apakah akan berpolitik lagi setelah bebas. Untuk sementara, ia mengaku akan fokus urusan keluarga. "Insyaallah begitu. Apalagi urusan politik urusan politik,” ujarnya. 

“Nanti pada waktunya saya akan ngobrol khusus dengan teman-teman, dengan sahabat-sahabat, dengan senior-senior. Jadi, sabar dahulu, nanti ba'dal (setelah) Idul Fitri mulai ngobrol-ngobrol urusan-urusan yang terkait dengan nondomestik,” imbuh Anas.

AHY Puji Loket Prioritas Tanpa Kuasa Hukum di BPN Surabaya 1

Anas mengaku masih butuh berdiskusi dengan sahabat, teman dan lainnya untuk mengetahui secara komprehensif apa yang terjadi sebenarnya. “Saya sudah agak lama di dalam. Saya butuh perspektif. Beliau-beliau itu buat bahan saya untuk mencerna keadaan-keadaan baru," bebernya.

Selain sungkem, Anas juga berziarah ke kuburan ayahnya. Agenda selanjutnya ialah buka bersama dan Salat Tarawih. Keesokan harinya, ia akan mengikuti agenda pembagian zakat yang dilakukan oleh sahabatnya.