Di Musrenbang, Ketua Gerindra Jatim Goda Khofifah: Tambah Periode atau Direkom

Wakil DPRD yang juga Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di Musrembang.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah Jatim di Ballroom Shangri-La Hotel Surabaya, Kamis, 13 April 2023, tak melulu serius. Ada juga suasana gergeran tersuguhkan, di antaranya ketika Wakil Ketua DPRD Jatim Anwar Sadad menyampaikan sambutan.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Selain dari unsur pimpinan DPRD Jatim, Musrenbang dihadiri Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak, pejabat Forkopimda lainnya, para pejabat organisasi perangkat daerah (OPD), dan seluruh kepala daerah tingkat kabupaten/kota. Pejabat dari Kementerian Dalam Negeri juga hadir di acara tersebut.

Saat sambutan, mula-mula Anwar Sadad menyapa para pejabat dan semua yang hadir di acara Musrembang. Setelah itu, Ketua DPD Gerindra Jatim itu menyampaikan apresiasinya atas kinerja Pemprov Jatim yang telah berusaha keras melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan cepat di tengah gempuran situasi yang tidak menguntungkan karena COVID-19.

DPRD Jatim Soroti Zonasi PPDB, Minta Pemerintah Kembangkan Sekolah Swasta

“Gambaran dari Ibu Gubernur tadi menggambarkan, pada sisi inilah, di pengujung periode ini dan insyaallah mudah-mudahan nambah lagi periodenya, atau nanti saya rekomendasikan…,” kata Sadad yang langsung disambut tawa gergeran dari hadirin, dikutip Viva Jatim pada Jumat, 14 April 2023.

Di luar konteks Musrembang, adalah hal yang wajar bila Sadad menggoda Khofifah dengan kalimat seperti itu. Sebab, dalam konteks Pemilu 2024, Khofifah dihadapkan pada dua pilihan: maju sebagai calon Gubernur Jatim untuk periode kedua atau mencalonkan diri di Pilpres 2024. Di dua level ajang kompetisi politik itu, elektabilitas Ketua Umum PP Muslimat NU itu sama-sama berkibar.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Berdasarkan hasil survei berbagai lembaga survei, nama Khofifah nangkring di posisi teratas bila maju lagi di Pilgub Jatim. Namanya masih tiada pesaing. Di atas kertas, ia dipastikan mampu memenangkan kembali pertarungan politik di Jatim. Apalagi jika figur yang akan mendampingi Khofifah tepat, maka kian memastikan kemenangan dirinya.

Khofifah juga jadi primadona bila ia maju sebagai calon wakil presiden, juga berdasarkan hasil survei berbagai lembaga. Karena itu namanya kerap mengiringi nama-nama yang masuk dalam bursa calon presiden (capres), termasuk selalu dikait-kaitkan dengan Ketua Umum DPP Prabowo Subianto yang juga akan maju sebagai capres di Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title