Bandara Juanda Surabaya Siap Layani Arus Balik Lebaran

Situasi penumpang di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimBandar Udara (Bandara) Internasional Juanda Surabaya siap melayani para penumpang yang akan kembali ke tanah rantau. Hari ini Selasa, 25 April 2023, setidaknya jumlah penumpang tercatat ada 44.396 ribu orang dengan maskapai penerbangan 308.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Sebelumnya, terhitung sejak hari kedua lebaran, Minggu, 23 April 2023, jumlah penumpang sudah mencapai 33 ribu orang. Sementara pada Senin, 24 April 2023 tercatat 37 orang dengan 282 pesawat. Hal ini ditegaskan General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Sisyani Jaffar.

"Jumlahnya masih relatif belum naik signifikan tapi terlihat perbedaan dengan arus mudik yakni jumlah penumpang keberangkatan kemarin lebih banyak dibanding kedatangan," ujarnya, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Selasa, 25 April 2023.

Diskon Tarif Tol di 3 Lokasi Mulai Hari Ini, Ada Jalur Jombang-Mojokerto

Sejumlah kesiapan pun telah dilakukan pihak bandara, di antaranya adalah dengan memaksimalkan ruang tunggu yang ada di terminal 1. Agar para penumpang lebih nyaman hingga puncak arus balik

"Kami akan maksimalkan 15 ruang tunggu untuk melayani arus balik, namun tetap dengan mempertimbangkan kebutuhan operasional di lapangan. Artinya, seluruh ruang tunggu siap beroperasi namun menyesuaikan juga dengan jumlah penumpang yang dilayani," ungkap Sisyani.

Pemudik Penuhi Stasiun Stasiun Daop 8 Surabaya saat Puncak Arus Balik Lebaran 2024

Secara taktis, lanjut Sisyani, para petugas di bandara juga akan siap melakukan pengaturan baik itu pada sisi lalu lintas di area pergerakan kendaraan pengantar dan penjemput maupun di area dalam terminal yang berpotensi adanya antrian seperti pada konter check in dan pemeriksaan keamanan atau Security Check Point.

"Saat ini kami operasikan empat Xray penumpang dan satu Xray karyawan yang dapat digunakan jika terjadi kepadatan. Kami juga siapkan tambahan satu Xray di sisi timur terminal untuk antisipasi. Seluruh peralatan pemeriksaan keamanan tersebut menurut perhitungan kami masih akan dapat menampung jumlah penumpang yang akan terlayani. Pada area tersebut personil Avsec yang bertugas adalah sejumlah 20 sampai 25 orang setiap shift nya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title