Tantangan Pendidikan Masa Kini, Realitas Serba Cepat hingga Arus Informasi

Rachmad Efendi TS saat mengisi materi
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

JatimHari Pendidikan Nasional 2023 (Hardiknas) setiap tahun diperingati oleh semua elemen bangsa. Kali ini mengambil tema 'Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar' salah satu pengajar mengungkapkan, tantangan pendidikan masa kini adalah realitas serba cepat hingga arus informasi.

Cegah Kecelakaan di Jalan, Satlantas Polres Gresik Go to School Beri Pemahaman ke Pelajar

Rachmad Efendi TS mengaku, sebagai Duta teknologi Kemendikbud Ristek Provinsi Jatim telah dibekali beragam informasi terkait apa yang sedang dihadapi. Khususnya tantangan di dunia pendidikan di era masa kini yang kita hadapi yaitu adalah VUCA adalah singkatan dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity.

"Di sini memiliki arti, dunia yang kita hidup sekarang itu berubah sangat cepat tidak terduga. Dipengaruhi oleh banyak faktor yang sulit dikontrol serta kebenaran dan realitas yang menjadi sangat subjektif," ungkap Rachmad Efendi TS saat dikonfirmasi, Selasa 2 Mei 2023.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Oleh sebab itu, dirinya sebagai Duta Teknologi kemendikbudristek juga diberi amanah. Salah satunya yaitu sebagai pendamping dari rekan-rekan sejawat. Rekan-rekan guru semua jenjang diharapkan dirinya sebagai connecting door terkini.

"Supaya informasi-informasi yang berhubungan dengan teknologi pendidikan dalam menghadapi era digital mudah tersampaikan," bebernya.

Ketua TP PKK Trenggalek Kawal Transformasi Pendidikan hingga Angka Partisipatif Naik

Pria yang mengajar di SMKN 2 Trenggalek dalam Peringatan Hardiknas 2023 ini menilai, suatu momen Istimewa. Lantaraan, pria yang sebagai narasumber bagi Fasilitator Pembelajaran Digital tahun 2022-2023, akan menjadikan momen hardiknas ini sebagai momen refleksi terhadap filosofi Ki Hajar Dewantara. Yaitu ada 3 Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso dan Tut Wuri Handayani.

"Sejauh mana saya telah menerapkan filosofi tersebut di dalam kelas. Karena kelas merupakan dunia saya bersama anak didik sejalan dengan arahan Mas Menteri," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title