Prediksi Pengamat Politik Bicara Siapa yang Layak jadi Cawapres Ganjar Pranowo, Sandiaga atau Erick?

Ketua Umum PDIP memasangkan peci kepada Ganjar Pranowo
Sumber :

Jatim –Semenjak nama Ganjar Pranowo diumumkan sebagai capres di Pilpres 2024 dari PDIP, pada 21 April 2023 lalu oleh Megawati Soekarnoputri, spekulasi bermunculan mengenai nama-nama yang layak menjadi cawapres dari Gubernur Jawa Tengah tersebut.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Sejumlah nama mulai bermunculan dari teropong pengamat politik. Salah satunya mereka menyoroti dua  nama yang akhir-akhir ini santer disebut. Yakni Sandiaga Uno dan Erick Thohir

Menakar peluang kedua tokoh tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, menyebut Erick lebih berpeluang daripada Sandiaga Uno. Pasalnya, ET, begitu Erick Thohir karib disapa, banyak mendapatkan dukungan dari Nahdlatul Ulama (NU). 

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

“Dari kedua tokoh itu yang kemungkinan ya bisa ET. Karena ET sampai saat ini diendors oleh NU. Bahkan Sekjen PBNU Saifullah Yusuf bilang warga NU banyak dukung ET. Artinya ya ET representasi suara NU,” kata Ujang, Jumat, 5 Mei 2023 dikutip dari VIVA. 

Di sisi lain, Ujang menilai bahwa PAN juga disebut-sebut dekat dengan ET. Sedangkan Sandiaga belum mendapatkan dukungan dari ormas Islam terbesar di Indonesia, baik NU maupun Muhammadiyah.   

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

“PAN representasi Muhammadiyah, jadi antara Sandi dan ET ya kelihatannya ET lebih representasi ketimbang Sandiaga,” kata dosen Ilmu Politik Universitas Al-Azhar Indonesia itu. 

Kendati begitu, Ujang menyebut bahwa dinamika politik belakangan ini cenderung cair. Sehingga masih sangat terbuka kemungkinan-kemungkinan lain.  

Halaman Selanjutnya
img_title