Kiai Muda Jatim Gandeng Pelajar di Pasuruan Gelar Pertunjukan Pencak Silat

Gelaran Seni Bela Diri bersama Kiai Muda Jawa Timur
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimPencak silat merupakan cabang olahraga yang mencetak atlet-atlet dalam bidang olahraga bela diri. Pencak silat juga kerap dijadikan sebagai pernjukan seni budaya, sebab kategori bela diri ini merupakan warisan asli Indonesia. Salah satunya, sebagaimana yang ditunjukkan oleh sejumlah pelajar dari kota Pasuruan, Jawa Timur yang melakukan.

Anies dan Cak Imin Angkat Bicara soal Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024

Pertunjukan Seni Bela Diri Pencak Silat bersama Padepokan Ciung Elang di Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur, Sabtu 6 Mei 2023 ini merupakan agenda jaringan Relawan Ganjar Pranowo, Kiai Muda Jawa Timur (Jatim) dalam rangka membentuk karakter pemuda.

"Agenda hari ini di Padepokan Ciung Elang mengadakan yang pertama doa bersama untuk 2024 terpilihnya Pak Ganjar sebagai Presiden RI. Kedua, menggelar pertunjukan seni silat dan memberikan apresiasi untuk anak yang juara nasional maupun provinsi bahkan kabupaten/kotamadya di tingkat pelajar," ungkap Koordinator Kiiai Muda Jatim Gus Ali Baidlowi.

Resmi Terpilih Jadi Presiden RI, Prabowo Sebut Ada Andil Besar Jokowi

Menurutnya, ada beberapa alasan positif mengapa pentingnya pemuda di era saat ini memperlajari atau berlatih beladiri dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, lanjut Ali, Indonesia saat ini membutuhkan banyak problem solver dalam setiap permasalahan bangsa dan itu salah satunya diharapkan dari para pelajar yang berlatih beladiri.

Prabowo Ajak Rakyat Kembali Bersatu Usai Resmi Terpilih sebagai Presiden RI

"Seorang pemuda yang berlatih beladiri akan mempunyai nilai budi pekerti yang tentunya berbeda dengan pemuda lainnya yang tidak berlatih. Ciri-ciri seorang pemuda dengan kemampuan beladiri biasanya mempunyai kepercayaan diri serta kesabaran yang tinggi. Di samping itu, akan cepat dan tepat dalam mengambil keputusan dan akan mudah untuk menyelesaikan permasalahan secara taktis," lanjutnya.

Saat ini, tradisi pencak silat sudah diakui UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda pada 2019 silam di acara Intergovernmental Committee for the Safeguarding of the Intangible Cultural Heritage yang berlangsung di Kolombia.

Halaman Selanjutnya
img_title