Siap-siap Bumi Akan Pecah Rekor Terpanas, Ini Sebabnya

Ilustrasi Cuaca Panas
Sumber :
  • Istimewa

Satu hingga lima tahun ke depan hampir pasti akan menjadi rekor terpanas. Kemudian akan ada dua dari tiga peluang dalam satu tahun di mana panas akan melewati ambang batas pemanasan global 1,5 derajat Celcius yang krusial, menurut laporan baru yang mengkhawatirkan oleh Organisasi Meteorologi Dunia.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Laporan tersebut, yang dikenal sebagai Global Annual to Decadal Climate Update, memperingatkan jika umat manusia gagal mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) menjadi nol bersih, catatan yang semakin buruk akan turun setelah dekade ini.

Jadi, apa yang mendorong prospek suram untuk lima tahun ke depan? El Nino yang akan membuat tren pemanasan global secara keseluruhan, kemungkinan akan mendorong suhu global ke tingkat rekor.

Banjir Bandang Selutut Orang Dewasa Landa Munjungan Trenggalek

Apakah Perjanjian Paris sudah gagal jika suhu rata-rata global melebihi ambang batas 1,5 derajat Celcius dalam salah satu dari lima tahun ke depan? Tidak, tetapi ini akan menjadi peringatan keras tentang apa yang akan terjadi jika kita tidak segera mengurangi emisi menjadi nol bersih.

Pembaruan Organisasi Meteorologi Dunia mengatakan ada peluang 98 persen setidaknya dalam satu hingga lima tahun ke depan menjadi rekor terpanas. Dan ada kemungkinan 66 persen setidaknya dalam satu tahun di atas ambang batas 1,5 derajat Celcius.

Prakiraan Cuaca Lebaran Minggu, 14 April 2024 di Jatim: Terjadi Hujan

Ada juga kemungkinan 32 persen suhu rata-rata selama lima tahun ke depan akan melebihi ambang batas 1,5 derajat Celcius.

Peluang tersebut telah meningkat secara stabil sejak 2015, ketika mendekati nol. Untuk tahun-tahun antara 2017 hingga 2021, peluangnya adalah 10 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title