Taman Asreboyo Dirancang untuk Dorong Ekonomi Warga Surabaya

Wahana Perahu di Taman Asreboyo Ngagel, Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Taman Asli Arek Suroboyo (Asreboyo) Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya dirancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi warga. Taman seluas 853 m2 itu pun diresmikan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya, Rini Indriyani. Minggu, 21 Mei 2023.

Konflik Iran-Israel Bisa Picu Ekonomi RI Berantakan, Presiden Terpilih Diminta Lakukan Antisipasi

Taman ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Seperti jogging track, Lapangan Basket 3 on 3, Skatepark, arena bermain anak, hingga Wahana Perahu Air.

Wali Kota Eri mengatakan bahwa Taman Asreboyo Ngagel Surabaya telah dirancang olehnya saat masih menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, ia bercerita bahwa ingin membangun taman yang bisa menggerakan perekonomian warga sekitar.

3 Langkah Kebijakan Ekonomi RI Antisipasi Dampak Konflik Iran-Israel

Karenanya, Taman Asreboyo Ngagel juga akan disinergikan dengan perkampungan yang ada di seberang taman, yakni perkampungan di Jalan Darmokali, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya. Nantinya, perkampungan itu akan dijadikan sebagai salah satu kampung wisata khusus produksi UMKM, serta akan dipasang dermaga untuk menunjang Wisata Perahu Air Ngagel.

“Jadi InsyaAllah Taman Asreboyo (Asli Arek Suroboyo), saya ingin taman ini (menjadi) tempat UMKM yang semuanya berjualan. Di samping untuk olahraga, juga ada makanan khas Surabaya untuk UMKM. Nanti di seberang, dari kampung Darmokali termasuk dari Kelurahan Darmo, saya siapkan jadi kampung wisata. Saya sudah bilang ke Pak RT/RW dan camat, nanti secara otomatis kita bisa berjalan di sana,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Wali Kota Eri Cahyadi mengungkapkan bahwa Taman Asreboyo Ngaggel Surabaya di harapan bisa menggerakan roda perekonomian Kota Pahlawan. Salah satunya, melalui produk UMKM.

“Nanti ada UMKM, karena saya terus terang ketika membangun sesuatu maka harus bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title