TGB Kritik Data Anies Soal Perbandingan Pembangunan Jalan Gratis Era SBY dan Jokowi

Mantan Gubernur NTB TGB Zainul Majdi
Sumber :
  • Viva

JatimAnies Baswedan baru-baru ini menyebut bahwa pembangunan jalan gratis selama Presiden SBY jauh lebih panjang dibanding era Presiden Jokowi

Jokowi Bilang WTP Bukan Prestasi tapi Kewajiban, Ini Respons Pj Gubernur Jatim

Mendengar hal itu, Mantan Gubernur NTB 2 periode, Muhammad Zainul Majdi atau yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB), balik mengkritik Anies Baswedan.

Ketua Harian Partai Perindo itu menjelaskan, dalam pidatonya sebagai bakal Capres dari Koalisi Perubahan, Anies menyebut kalau selama 10 tahun pemerintahan Presiden SBY (2004-2009 dan 2009-2014), telah membangun 144 ribu km jalan bukan tol. Dari jalan provinsi, jalan nasional, hingga jalan kabupaten/kota. Sementara era Jokowi sekarang baru 19 ribu km.

Anies Maju Pilgub DKI Jakarta, Hasto PDIP: Fokus Pilkada Kabupaten/Kota

"Menyimak pidato ini saya punya satu catatan. Bahwa mas Anies Rasyid Baswedan, tidak menyebut, melupakan, saya tidak tahu ini sengaja atau tidak sengaja, mestinya sebagai capres beliau memaparkan secara utuh. Beliau tidak menyebutkan tentang jalan desa yang terbangun pada masa Presiden Jokowi," jelas TGB, dikutip dari VIVA, Senin 22 Mei 2023. 

Jalan desa yang telah dibangun selama 9 tahun Jokowi, terhitung hingga akhir 2022, menurut TGB sudah mencapai 316 ribu kilometer. Jalan desa itu dibangun, dalam rangka mengurangi kesenjangan, mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, jelas TGB. 

Buruh Jatim Kritik Iuran Tapera Jokowi: Sampai Pensiun Tak akan Punya Rumah

Lebih lanjut dijelaskan TGB, salah satu instrumen meningkatkan kemakmuran di desa adalah mempercepat aktivitas ekonomi. Serta memperbesar porsi ekonomi di desa. Caranya, jeals TGB, adalah memperlancar arus barang dan jasa, produksi-produksi petani seperti kedalai hingga sapi. Desa dinilai punya peran penting dalam mengurangi ketimpangan dengan kota, dan menghadirkan keadilan sosial. 

"Jadi mas Anies sebenarnya kalau fair apa adanya beliau seharusnya menyebutkan bahwa pada Presiden Jokowi ada lebih dari 316 ribu km jalan desa yang tidak terbangun pada masa sebelumnya," jelas TGB, yang sempat menjadi politisi Partai Demokrat itu.

Halaman Selanjutnya
img_title