Transportasi Massal Bebas Emisi Bakal Hadir di Kota Malang

Ilustrasi Bus
Sumber :
  • viva.co.id

JatimPemerintah Kota (Pemkot) Malang sedang mematangkan rencana penerapan moda transportasi publik berbasis listrik. Rencana ini dirancang bersama akademisi asal Malang yang sedang berada di Jepang.

Gapasdap Gandeng Kemenhub dan KNKT Bahas SOP Pengangkutan Kendaraan Listrik di Surabaya

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan bahwa Pemkot Malang sudah melakukan audiensi secara daring bersama para akademisi itu sebanyak 3 kali.

Para akademisi ini tergabung dalam Nusantara Arema Electronic Vehicle. Audiensi ini sebagai bukti keseriusan Pemkot Malang dalam mematangkan rencana moda transportasi publik berbasis listrik.

Bus Listrik BTS DAMRI Mulai Beroperasi Lagi di Surabaya, Tarif Mulai Rp 2000

"Arema EV orang-orang Malang lulusan Jepang yang kini berada di sana. Menawarkan satu konsep moda transportasi berbasis listrik. Audiensi ini juga dilakukan bersama Wali Kota (Sutiaji)," ujarnya, dikutip Selasa 23 Mei 2023.

Widjaja mengatakan, bahwa rancangan ini nantinya melibatkan orang-orang Malang atau perusahaan yang ada disini. Seperti contoh konsepnya dibuat oleh akademisi Malang yang ada di Jepang. Sementara perakitannya melibatkan karoseri yang ada di Malang salah satunya Adi Putra.

Fasilitas Mewah, Komut ASABRI dan Bupati Ende Rasakan Sensasi Naik KM Dharma Kartika V

"Jadi kami ingin memberdayakan sumber daya asli Malang. Yang merancang bangunan pelaku usaha di Malang, karoserinya bisa saja, Adi Putra. Jadi perakitan bodi di Malang," tuturnya.

Widjaja menuturkan, yang menjadi masalah saat ini adalah penyiapan regulasi dari moda transportasi konvensional berbahan BBM ke listrik. Mengingat transportasi massal di Kota Malang baru sebatas angkutan umum atau mikrolet. 

Halaman Selanjutnya
img_title