Bandara Juanda Siap Berangkatkan 36 Ribu Lebih Jemaah Haji 2023

Bandara Internasional Juanda, Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya direncanakan akan memberangkatkan 36.938 jemaah haji 2023 yang berasal dari Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Mereka tergabung dalam 84 kelompok terbang (kloter).

Fase Pemulangan Tuntas, 171 Jemaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat

General Manager Bandar Udara Internasional Juanda Sisyani Jaffar pun memastikan kesiapan untuk melayani penerbangan langsung atau direct flight. Pelaksanaan Angkutan Haji tahun 2023 akan dimulai dengan periode embarkasi pada 24 Mei hingga 22 Juni 2023, serta periode debarkasi dimulai pada 4 Juli hingga 3 Agustus 2023. 

Ia menambahkan bahwa pekerjaan perkerasan landasan atau overlay yang sudah terlaksana sejak pertengahan tahun lalu telah selesai sesuai skala prioritas yang ditetapkan untuk pelayanan angkutan haji.

Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jatim Tiba, Langsung Sujud Syukur

“Secara kontrak, seluruh paket pekerjaan akan selesai pada pertengahan Juni ini, namun saat ini untuk pekerjaan utama yang menjadi prioritas pelayanan Angkutan Haji sudah rampung semuanya dan landas pacu siap digunakan melayani pesawat penerbangan Haji berbadan lebar yakni Boeing 747 seri 400 berkapasitas 450 kursi penumpang yang akan dioperasikan oleh Saudi Arabia Airlines,” ujar Sisyani, dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Selasa, 23 Mei 2023. 

Diketahui, kloter pertama rencananya akan diberangkatkan pada Rabu, 24 Mei 2023, pukul 09.15 WIB. Jelang pemberangkatan kloter pertama tersebut, Bandar Udara Internasional Juanda memastikan kesiapan fasilitas bandara, terutama infrastruktur landas pacu atau runway untuk melayani penerbangan langsung atau direct flight Angkutan Haji tahun 2023.

Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Sebut 86 Persen Jemaah Haji Berangkat ke Tanah Suci

Sisyani menambahkan bahwa pekerjaan perkerasan landasan juga telah ditinjau oleh Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi pada April lalu serta telah diverifikasi oleh Direktorat Bandar Udara Kementerian Perhubungan RI.

Dari sisi skema pelayanan yang diberikan, Sisyani menjelaskan pemeriksaan keamanan calon jamaah Haji dan barang bawaannya dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo

Halaman Selanjutnya
img_title