Kesaksian Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua RI saat Tiba di Madinah

Mbah Harun, Jemaah Haji Tertua RI saat tiba di Madinah
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Sosok Mbah Harun bin Senar masih menjadi sorotan publik. Pasalnya, pria berusia 119 tahun asal Kabupaten Pamekasan Madura ini terlihat segar bugar layaknya masih berusia 60 tahun. Ia pun menjadi jemaah haji tertua se-Indonesia tahun 2023 ini. 

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Pada Jumat, 26 Mei 2023 sekira pukul 01.10 dini hari waktu setempat, Mbah Harun tiba di Terminal Zero, Bandara International Amir Muhammad Bin Abdulaziz (AMMA), Madinah. Kedatangannya langsung disambut para petugas PPIH Arab Saudi dan petugas Bandara AMMA Madinah

Setibanya di Arab Saudi, Mbah Harun masih tampak bugar dan kuat berdiri sendiri tanpa bantuan orang. Saat ditanya terkait kondisinya, Mbah Harun dengan sigap menjawab sehat. 

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

"Alhamdulillah saya sehat, datang bersama keponakan saya," katanya sambil duduk di kursi roda, dilansir dari VIVA, Jumat, 26 Mei 2023. 

Kabar Mbah Harun menjadi jemaah tertua tahun ini sempat viral di dunia maya. Mbah harun datang bersama rombongan kloter Surabaya 6 dengan total jemaah berjumlah 5490 jemaah.

Layanan Kemudahaan Keimigrasian Calon Jemaah Haji Bakal Hadir di Solo dan Surabaya

Diketahui, Mbah Harun adalah satu di antara 11.274 orang jemaah haji kategori lanjut usia (lansia) yang diterbangkan ke Tanah Suci dari Kloter 6 Embarkasi Surabaya. Jumlah itu sebagian dari total jemaah haji Embarkasi Surabaya sebanyak 36.938 orang, yang terbagi menjadi 84 kloter.

 Sebelumnya, Mbah Harun mengaku sehat dan semangat untuk melaksanakan ibadah haji. Ia berharap segala keinginannya terkabulkan saat berdoa di Tanah Suci.

Halaman Selanjutnya
img_title