Resmikan Festival Mangrove di Trenggalek, Ini Pesan Gubernur Khofifah

Suasana penanaman Bibit Mangrove
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mendorong upaya penguatan pulihkan eksosistem mangrove di sejumlah wilayah di Jawa Timur. Hal itu ia katakana saat meresmikan gelaran Festival Mangrove Jatim IV di Ekowisata Mangrove Cengkrong,  Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek pada Sabtu, 27 Mei 2023.

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Khofifah menjelaskan Festival Mangrove menjadi salah satu upaya guna membangun sinergi dari hulu hilir supaya lebih luas untuk menjaga ekosistem mangrove. Sebab, ekosistem mangrove memberikan kemanfaatan baik dari sisi ekologi, ekonomi, dan sosial bagi masyarakat pesisir.

"Kita semua harus melestarikan ekosistem mangrove untuk keberlajutan kehidupan, adik-adik harus menjadi generasi yang peduli dan siap menjaga keberadaan mangrove di sekitar kediamannya," terangnya.

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Menurut perempuan yang pernah Menjabat Kementrian Sosial ini, banyak jenis hilirisasi mangrove yang sudah tumbuh dan berkembang. Sehingga mampu meningkatkan nilai tambah bagi masyarakat sekitar. Bahkan, ada yang telah menjadi produk-produk UMKM hingga produk yang sudah ekspor ke luar negeri.

Pantauan Viva Jatim, setibanya di lokasi, Khofifah bergegas susur sungai di ujung Tracking Mangrove dengan panjang 77 meter dengan gazebo ukuran 1,4 x 3,8 meter. Sekaligus melepas sejumlah ikan di sungai yang membelah Hutan Mangrove.

Kelakar Emil saat Ditanya Potensi Jadi Menteri: Nah Itu Lagi!

Khofifah beserta rombongan sejenak melepas penat untuk menikmati kelapa muda di Gazebo Mangrove. Lalu, kegiatan dilanjut dengan melepas lima ratusan berbagai jenis burung diantaranya jenis perkutut, tekukur, pleci, perenjak, peking manyar dan peking kaji serta 527 ekor.

Disambung dengan penanaman bibit mangrove di sisi utara hutan mangrove. Beberapa mangrove yang ditanam diantaranya Bakau Hitam nama latin Rhizopora mucronata, Pidada dengan nama latin Sonneratia Caseolaris.

Halaman Selanjutnya
img_title