Airlangga-Zulhas Poros Keempat, PAN: Lain Lubuk Lain Airnya Lain Pula Ikannya

Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Berbeda dengan pemilu 2019 sebelumnya, pada kontestasi politik serentak 2024 mendatang berbagai potensi poros koalisi bermunculan secara dinamis. Kini mulai muncul adanya kemungkinan poros keempat yang menduelkan Airlangga Hartarto dan Zulkifli Hasan.

Menteri Bahlil: Idul Fitri Momentum Saling Memaafkan Usai Pemilu 2024

Koalisi Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN) dimungkinkan terjadi. Menyandingkan dua tokoh jagoannya Airlangga-Zulhas. Politisi PAN Guspardi Gaus menyebut bahwa terbentuknya poros keempat itu adalah sebutan terobosan yang rasional.

Anggota Komisi II DPR RI itu juga menyebut bahwa semakin banyak calon pasangan capres-cawapres, juga akan berbanding lurus dengan semakin memperkaya gagasan yang dihasilkan mengenai visi dan agenda kebangsaan.

Said Abdullah: Haqqul Yaqin Golkar tak akan Nekat Revisi UU MD3

"Ibarat pepatah, lain lubuk lain airnya, lain pula ikannya. Lain orang lain pemikiran, lain pula idenya dan gagasannya," kata Guspardi, dikutip dari VIVA, Senin, 29 Mei 2023.

Sehingga, kata Guspardi, duet kedua ketua umum partai berlambang pohon beringin dan matahari putih itu, bisa jadi alternatif baru yang bisa dipertimbangkan masyarakat.

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

"Semakin banyak pasangan, semakin banyak gagasan, semakin beragam pula alternatif rakyat punya pilihan," ujarnya.

Legislator asal Sumatera Barat II ini menuturkan, skenario poros ke empat itu muncul karena keduanya dijagokan maju. Juga PAN dan Golkar bisa mendaftarkan capres dan cawapres sendiri sebab mengantongi 22,43 % atau telah melewati syarat ambang batas Presidential Treshold 20 % dari jumlah kursi DPR.

Halaman Selanjutnya
img_title