Hari Lahir Pancasila, Semangat Gotong Royong Membangun Peradaban

Presiden RI Joko Widodo jadi Inspektur Upacara Hari Lahir Pancasila
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2023 mengusung tema besar 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global'. Tema ini dimaksudkan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan bahu-membahu di dalam mewujudkan peradaban masyarakat yang lebih maju. 

Program Deradikalisasi di Lapas Madiun Berhasil, 3 Narapidana Terorisme Ikrar Setia NKRI

Hal demikian disampaikan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, Rabu kemarin, 31 Mei 2023. 

"Tema ini mengandung arti bahwa momentum peringatan hari raya Pancasila menjadi pemantik bagi bangsa Indonesia untuk bahu-membahu mewujudkan peradaban masyarakat Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia," kata Yudian, dikutip VIVA, Kamis, 1 Juni 2023. 

Jelang Pemilu 2024, Pemuda Katolik Surabaya Serukan 6 Tuntutan

Yudian menambahkan, hari ini, Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat. Presiden Joko Widodo turut hadir bertindak sebagai inspektur upacara. Selain itu, diikuti pula oleh perwakilan dari 553 kabupaten, kota dan provinsi.

Adapun yang menjadi Komandan Upacara yakni Direktur Lalu Lintas Polda Daerah DIY, Kombes Pol Alfian Nurrizal. Sementara Arkamelvi Kamani menjadi Perwira Upacara Komando Garnisun Tetap (Kasko Gartap).

Pamer Inovasi Penggunaan AI di JDIH, Pemkab Gresik Dikunjungi BPIP

"Upacara peringatan Pancasila tanggal 1 Juni akan melibatkan lebih dari 4.000 orang yang terdiri dari pasukan upacara, tamu undangan, peserta upacara, petugas dan panitia upacara," ujarnya.

Di lokasi, sejumlah tokoh sudah hadir seperti Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Ketua DPR Puan Maharani, hingga mantan Wakil Presiden RI Boediono.

Halaman Selanjutnya
img_title