Sekitar 2 Juta Jamaah Haji Tahun Ini, Berikut Deretan Negara dengan Jumlah Terbanyak

Masjid al-Haram, Makkah
Sumber :
  • Viva

Jatim – Setelah melewati gelombang virus covid-19 di seluruh dunia, negara muslim dan negara yang mempunyai warga beragama Islam  kembali mengirimkan jamaahnya ke Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji pada bulan juni ini. Jamaah Indonesia pun sudah berangkat sejak pekan lalu.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Sebagaimana biasanya, setiap tahun Arab Saudi menerima ribuan jamaah haji dari seluruh dunia. Menurut data, sekitar 900 ribu orang melakukan rukun Islam yang kelima itu pada 2022.

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 3 Juni 2023, tahun ini sekitar dua juta jemaah melakukan ibadah haji di Saudi. Dari jumlah ini, 1,8 juta orang merupakan jemaah asing, sementara 200 ribu sisanya warga lokal Saudi. 

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

Lalu, negara mana saja yang memiliki kuota Jemaah haji terbanyak di dunia? Simak ulasannya yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut

1. Indonesia

Layanan Kemudahaan Keimigrasian Calon Jemaah Haji Bakal Hadir di Solo dan Surabaya

Indonesia dan Saudi telah menandatangani kesepakatan penyelenggaraan ibadah haji 1444 hijriah atau 2023 M. Dalam kesepakatan itu tertuang jumlah kuota haji dari Indonesia sebanyak 221.000 jemaah. Lebih rinci, angka itu mencakup 203.320 jemaah haji reguler, dan 17.680 jemaah haji khusus.

2. Pakistan

Halaman Selanjutnya
img_title