Gunung Ijen Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark, Diharapkan Dongkrak Kunjungan Wisata ke Jatim

Gunung Ijen Ditetapkan Sebagai UNESCO Global Geopark
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Jatim-Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UNESCO atas penetapan  Gunung Ijen Banyuwangi sebagai Unesco Global Geopark (UGGp).

Nikmati Libur Panjang Lebaran, Khofifah Ajak Masyarakat Kunjungi Destinasi Favorit di Jatim

"Sebuah kebanggaan yang luar biasa, satu lagi obyek wisata geologi di Jatim dinobatkan sebagai UGGp," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu, 4 Juni 2023.

Diketahui, penetapan  taman wisata geologi di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso itu sebagai UGGp, dilakukan dalam sidang tahunan di Markas UNESCO di Paris, Prancis, Rabu 24 Mei 2023 lalu. Penyerahan sertifikat resmi kepada pengelola Ijen Geopark rencananya akan dilaksanakan pada  September 2023 di Maroko

Politikus hingga Forkopimda Jatim Hadiri Halal Bihalal di Rumah Khofifah

Yang membanggakan lagi, Ijen Geopark dinyatakan lulus sidang Council UNESCO yang digelar di Provinsi Satun, Thailand pada 5 September 2022 dengan nilai terbaik diantara geopark lain.

"Saat proses assessment Geopark Ijen memperoleh skor 873. Hingga saat ini capaian skor tersebut masih merupakan capaian tertinggi diantara aspiring UNESCO Global Geopark di Indonesia yaitu Geopark Belitung dengan nilai skor 850, maupun Geopark Maros Pangkep dengan nilai skor 869," jelas Khofifah.

Khofifah Gelar Open House-Halal Bihalal, Ribuan Masyarakat Disuguhi Aneka Kuliner

Geopark Ijen memperoleh tertinggi dari calon Geopark lain di Indonesia dengan keunikan geologi, biologi, budaya serta fenomena alam blue fire dalam kawasan Gunung Ijen menjadikan Geopark Ijen menjadi pesona yang di akui dunia.

Khofifah berharap, status baru Gunung Ijen tersebut akan berdampak siginifikan bagi  daya tarik wisata Gunung Ijen lebih-lebih untuk wisatawan mancanegara yang pada akhirnya juga berdampak pada perekonomian warga setempat dan Jawa Timur pada umumnya.

Halaman Selanjutnya
img_title