Pertamina Siap Luncurkan Produk BBM Baru, Pertamax Campur dengan Etanol

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimDirektur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati mengatakan akan meluncurkan produk BBM baru dalam waktu dekat. 

Presiden Jokowi Tegaskan Harga BBM Tidak Naik

Hal tersebut dilakukan menurutnya sebagai salah satu upaya untuk membuka peluang (unlock value) dari bisnis-bisnis yang dijalankan oleh Pertamina selama ini.

Diketahui, produk baru BBM tersebut adalah produk Bioetanol. Ini menjadi satu produk baru hasil pengolahan bahan bakar di Pertamina. 

Selama Nataru, Pertamina Pastikan Pasokan BBM dan LPG Aman 

"Bulan ini kita mau launching produk baru, yaitu bioetanol. Jadi pertamax kita campur dengan etanol," kata Nicke dalam media briefing, dikutip Rabu, 7 Juni 2023.

Dirinya memastikan bahwa potensi bisnis ini tidak akan mengganggu industri lain yang sudah berjalan, seperti industri gula. Meskipun, Nicke mengaku bahwa terdapat bahan lain yang dibutuhkan dalam pemrosesan bioetanol yakni moleses tebu.

Beli Solar Subsidi Diperketat Pakai Barcode, Pertamina Tetap Kecolongan

Namun, Dia menyebut bahwa tebu memang bukan satu-satunya bahan yang digunakan, dan substitusinya bisa dilakukan dengan singkong ataupun jagung. 

"Etanolnya itu dari moleses tebu, tapi ini nanti rebutan (bahan baku) enggak dengan pabrik gula? Enggak, ini cuma tetes tebu aja. Selain itu kita juga bisa buat dari singkong atau jagung. Jadi kita akan terus lakukan riset-riset untuk menghasilkan bioenergi dari bahan baku nabati," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title