Pesona Embun Upas Gunung Bromo bak Hamparan Salju di Negeri Kutub

Fenomena Embun Upas Gunung Bromo
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Salah satu destinasi wisata di Jawa Timur yang selalu menyuguhkan keindahan alam adalah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Hadirnya fenomena embun upas di kawasan tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan. Pasalnya, hamparan lautan pasir yang dipenuhi butiran frost bak hamparan salju di negeri kutub.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Selama fenomena ini terjadi, Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS, Septi Eka Wardhani mengungkapkan kunjungan wisatawan meningkat 10 persen dibandingkan hari biasa. Fenomena embun upas sendiri terjadi sejak Selasa, 30 Mei 2023. 

"Peningkatan kunjungan wisatawan mencapai lima hingga 10 persen. Pemandangan kawasan Lautan Pasir Gunung Bromo tampak memutih dan lebih menarik bagi wisatawan," kata Septi, dikutip VIVA, Kamis, 8 Juni 2023.

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

Data di Balai Besar pada Kamis, 1 Juni 2023 jumlah kunjungan wisatawan lokal mencapai 2.500 pengunjung dan wisatawan mancanegara 12 pengunjung. Pada, Jumat 2 Juni 2023, kunjungan wisatawan lokal sebanyak 1.903 orang dan wisatawan mancanegara 22 orang.

Sementara pada 3 Juni hingga 5 Juni 2023 kata Septi, tidak ada data jumlah pengunjung yang masuk karena BB TNBTS melakukan penutupan terhadap kawasan wisata alam Gunung Bromo untuk menghormati Upacara Yadnya Kasada.

Curi Ikan di Laut Indonesia, KKP Tangkap Kapal Ikan Berbendera Malaysia

“Jadi total kunjungan pada 1 Juni 2023 sebanyak 2.512 pengunjung dan pada 2 Juni 2023 sebanyak 1.925 pengunjung. Untuk 3 hingga 5 Juni 2023 tidak ada data jumlah pengunjung karena wisata ditutup untuk menghormati Upacara Yadnya Kasada," ujar Septi. 

Di sisi lain, embun upas atau frost menjadi ancaman bagi petani. Sebab, fenomena ini bisa mengancam tanaman petani jika tidak segera dihilangkan. Embun upas muncul setiap pagi dan menghilang saat matahari terbit. 

Halaman Selanjutnya
img_title