Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bakal Diuji Bulan Ini, Luhut Ajak Anggota DPR

Kereta cepat Jakarta-Bandung
Sumber :
  • Viva

Jatim – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan akan ikut dalam uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung. Sejumlah anggota badan anggaran (Banggar) DPR RI diajak untuk uji coba tersebut.

Hasil Uji Coba: Witan Cetak Gol, Timnas Indonesia U-23 Bekuk Uni Emirat Arab

Uji coba kereta dengan kecepatan 300 km/jam  itu dilakukan bulan ini. "Kereta api cepat Jakarta-Bandung, karena di bawah koordinasi saya ini tanggal 14 bulan ini, kami akan (uji coba) 300 km/jam," kata Luhut dalam rapat kerja dengan anggota Banggar DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 9 Juni 2023.

"Saya ulangi, kami akan mulai trial 300 km per jam. Jadi nanti kalau Yang Mulia bapak-bapak yang mau ikut nanti saya juga akan coba yang 300 ini, apakah mungkin tangga 15 atau 16. Mungkin Pak Ketua mau hadir, kita coba kereta api cepat," lanjut Luhut menambahkan.

Hari Ini Timnas Indonesia bakal Hadapi UEA, Rencana STY pun Matang

Luhut mengatakan, sound barrier untuk kereta api cepat Jakarta-Bandung sudah hampir rampung.

Dengan begitu, nantinya masyarakat yang tinggal di sekitar rel kereta api dapat mencoba pada bulan Agustus 2023 dengan kecepatan 350 km/jam.

Raup Ratusan Ribu Suara, Mas Ibas Ucapkan Terima Kasih ke Pemilih

"Bulan Agustus, untuk rakyat sekitar yang tinggal di rel kereta api, mereka akan sampaikan gratis sambil mencoba ini dan itu. Akan capai 350 km per jam, jadi Jakarta-Bandung akan kita tempuh kurang dari 1 jam, sampai Padalarang kemudian feeder-nya langsung ke Bandung," jelasnya. 

Dalam kesempatan itu, Luhut juga sempat menyinggung soal light rail transit (LRT). Menurut dia, banyak masyarakat yang tidak setuju terkait dengan LRT itu. 

Halaman Selanjutnya
img_title