Erick Thohir Ditawarkan Dampingi Prabowo, Kata Elite Gerindra Tergantung PKB

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

JatimSekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengaku sudah menyampaikan ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) terkait usulan Partai Amanat Nasional (PAN) yang menawarkan Erick Thohir untuk mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Muzani mengatakan keputusan apakah usulan itu diterima atau tidak tergantung PKB. Hal itu disampaikan saat menghadiri Ujian Terbuka Doktor Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur, Senin, 12 Juni 2023.

"PAN ketika kami datang menawarkan Erick Thohir sebagai calon wakil presiden, dan itu sudah kami sampaikan kepada PKB. Cerita ini sudah disampaikan ke PKB semuanya, tidak ada yang kami tutup-tutupi," kata Muzani. 

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

Muzani menuturkan, keputusan untuk menentukan siapa bakal calon wakil presiden yang akan dipasangkan dengan Prabowo sebagai bakal calon presiden berada di tangan PKB. 

Itu berdasarkan kesepakatan saat Prabowo dan A Muahimin Iskandar atau Cak Imin meneken terbentuknya koalisi antara Gerindra dengan PKB beberapa bulan lalu.

Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23, Begini Komentar Erick Thohir

"Dalam perjanjian itu diputuskan bahwa koalisi ini akan memutuskan calon presiden dan wakil presiden yang akan diputuskan oleh Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Gerindra dan Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum PKB," ujar Muzani.

Baik Gerindra maupun PKB sampai saat ini masih memegang teguh kesepakatan itu. Karena itu, kata Muzani, setiap keputusan apa pun terkait koalisi harus disetujui oleh Prabowo dan Cak Imin, termasuk soal bakal cawapres yang akan mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title