Misi Dagang Jatim-Sumbar, Gubernur Khofifah Ajak Pengusaha Investasi di SIER

Gubernur Jawa Timur dan Gubernur Sumatera Barat
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Dalam acara misi dagang dan investasi di Provinsi Sumatera Barat, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak pada pengusaha untuk berinvestasi di kawasan industri Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER). 

Sumbar Berduka, Puluhan Meninggal akibat Banjir Lahar Dingin Gunung Marapi

Di hadapan para pengusaha Ranah Minang itu, Gubernur Khofifah memaparkan bagaimana keunggulan SIER sebagai salah satu kawasan industri maju milik pemerintah. Ia pun meyakinkan para pengusaha dan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah agar tak ragu berinvestasi di SIER. 

"SIER adalah kawasan industri modern yang sahamnya juga dimiliki Pemerintah Provinsi Jatim. Kawasan Industri SIER telah beroperasi 50 Tahun di Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan dan sekarang sedang mengembangkan kawasannya di Kabupaten Ngawi. Saya menyambut Bapak-Ibu pengusaha Sumatera Barat untuk berinvestasi di Jawa Timur," ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Selasa, 13 Juni 2023.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Misi dagang dan investasi yang dipimpinnya ini, kata Khofifah, menjadi salah satu strategi efektif untuk penguatan koneksitas perdagangan antar daerah baik di dalam maupun luar negeri, termasuk di dalamnya mengajak para investor untuk berinvestasi di kawasan industri SIER.

Menurut dia, kawasan industri memainkan peran yang sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Yakni penciptaan lapangan kerja, penarikan investasi, pengembangan rantai pasok, peningkatan infrastruktur dan layanan, serta diversifikasi ekonomi.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Kawasan industri cenderung menawarkan banyak peluang kerja bagi penduduk setempat. Pendirian perusahaan-perusahaan di kawasan industri menciptakan lapangan kerja baru dan mengurangi tingkat pengangguran dalam daerah tersebut," katanya.

Dengan adanya lapangan kerja yang tersedia, lanjutnya, pendapatan dan daya beli masyarakat meningkat, yang pada gilirannya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Halaman Selanjutnya
img_title