Warga Keluhkan Iuran Wisuda Sekolah Dasar, Bupati Tulungagung: Sederhana Tidak Harus Mewah

Suasana wisuda sekolah dasar di Tulungagung
Sumber :
  • Instagram : @arumestns

Tulungagung, Viva Jatim - Peniadaan purnawiyata atau wisuda di tingkat Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas  menjadi isu yang ramai diperbincangkan. Pasalnya, wisuda biasanya hanya diperuntukkan bagi yang telah lulus di perguruan tinggi negeri (PTN).

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Tanggapan beragam diungkapkan salah satu wali murid di Tulungagung, Firmanto Irmansyah menjelaskan bahwa dirinya setuju dengan adanya wisuda. Lantaran, menurutnya hal itu tidak terberatkan dengan adanya purnawiyata. Namun, ia tak menampik jika ada yang keberatan pasti memiliki alasan kuat.

"Kalau yang ada yang memberatkan ya kurang setuju juga. Ada saran untuk lembaga pendidikan ketika ingin mengadakan kegiatan yang sama itu harus mempertimbangkan kemampuan wali murid," terang Firmanto Irmansyah saat dikonfirmasi, Senin, 19 Juni 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Firman menyadari tidak semua rekan-rekan wali murid mampu dalam hal finansial. Ketika tidak semua wali murid mampu, sekolah seyogyanya harus memikirkan juga jika ditarik harga sekian terbebani atau tidak. 

Warga asli Kelurahan Kutoanyar Kecamatan/Kabupaten Tulungagung ini menilai, sebaiknya sekolah menakar kemampuan sesuai kondisi wali murid. Solusi yang bisa ditawarkan ialah dengan mematok nominal sekian bagi yang mampu dan ada sedikit berbeda dengan benar-benar wali murid yang tidak mampu. 

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Wali murid lain yang menalangi atau subsidi silang. Itu kalau menurut saya yang punya anak baru wisuda bisa jadi jalan tengah," tandasnya.

Sementara, Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo mengatakan fenomena wisuda di jenjang terendah pendidikan merupakan sebagai kearifan lokal. Pihaknya tidak bisa melarang ataupun meniadakan kegiatan tahunan tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title