ABK KM Barokah 3 Hilang Pasca Peroleh Hasil Tangkapan

Ilustrasi laut selatan pesisir Jawa Timur.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jatim – Salah satu anak buah kapal (ABK) KM Barokah 3 dikabarkan hilang sesaat berhasil menangkap ikan. Ia adalah Renggo Trisna Ornando asal Desa Besole Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung. Lokasi kejadian tepat di seputaran utara So Sari berbatasan antara Tulungagung dengan Trenggalek.

Hari Pertama, Tim SAR Terkendala Angin dan Ombak Cari Nelayan Trenggalek

Kapolsek Besuki AKP I Nengah Suteja menjelaskan kronologi kejadian KM Barokah  pada Kamis, 22 Juni 2023, sekitar 04.05 wib dengan jumlah 3 Nahkoda Grenjeng dan anak buah kapal (ABK) 30 orang. Kapal menggunakan Mesin Puso jenis Porseine, Pemilik Kapal Bambang Sidem selesai mencari ikan di laut.

Saat perjalanan pulang 15 menit dari lokasi mendapatkan Ikan, salah satu ABK KM Barokah 3 berada di Jonson —berbeda kapal tapi masih bergandengan—yaitu Putro, Umur (29) melihat ada yg teriak he he di laut. Suara itu terdengar berulang ulang sambil melambaikan tangannya.

Kasus Kriminal di Tulungagung Tahun 2023 Menurun, Laka Lantas Meningkat

"Mengetahui itu, Putro melaporkan ke Nahkoda dan ABK yang berada di KM. Barokah 3 Tingting," bebernya.

Lantas, Nahkoda Grenjeng yg berada di Kapal Tingting mengecek jumlah ABK. Setelah di cek ternyata benar adanya, ada ABK yang tidak ada di kapal. Nahkoda dan ABK kemudian mencari yang bersangkutan di lokasi sumber suara. Berhubung sudah lama tak ditemukan, KM Barokah 3 memutuskan kembali ke Pelabuhan Popoh untuk melaporkan Kejadian tersebut.

Turnamen Ansor Cup XVIII Diimbau Tetap Kondusif di Tulungagagung

"Nahkoda Grenjeng beserta ABK tiba di Pelabuhan Popoh lalu melaporkan kejadian kepada petugas jaga. Mulai Posbinpotmar TNI AL Popoh, Polsek Besuki, UPT Popoh, PSDKP Tulungagung dan Perangkat setempat, bertempat di TPI Popoh," paparnya.

AKP I Nengah Suteja mengatakan tindakan yang diambil yaitu melakukan pendataan, memeriksa saksi-saksi hingga embuat laporan. Termasuk boordinasi dengan instansi terkait serta melaksanakan koordinasi Pencarian dengan Basarnas Trenggalek.

Halaman Selanjutnya
img_title