Peduli Petani di Musim Kemarau, Legislator Jatim Dorong Pemprov Ciptakan Teknologi Solar Cell

Angoota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim) Subianto
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA JatimAnggota Komisi B DPRD Jawa Timur (Jatim) Subianto mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim untuk menciptakan teknologi tepat guna dalam mengentaskan kekeringan air saat musim kemarau.

Hadiri Rakornas PB 2024, Pj Gubernur Jatim Ajak Tingkatkan Inovasi Teknologi Tanggulangi Bencana

Pasalnya, kekeringan air saat musim kemarau menjadi permasalahan yang biasa dialami petani di Jawa Timur. Untuk mengatasi persoalan itu, petani biasanya menggunakan diesel untuk mengaliri air sawah mereka. 

Namun demikian, irigasi menggunakan pompa diesel, tentu akan semakin menambah beban biaya yang harus dikeluarkan untuk pembelian Bahan Bakar Minyak (BBM). 

3 Langkah Strategis Bank UMKM Jatim Hadapi Tantangan Bisnis Perbankan

Menurut Subianto, pemprov bisa menggandeng akademisi dalam menciptakan teknologi solar cell dalam mendukung irigasi pertanian. 

"Jadi langsung pompa itu pakai solar cell, jauh lebih irit. Itu ke depan harusnya pakai itu (solar cell), karena petani kasihanlah melihat biaya yang dikeluarkan terlalu tinggi," kata Subianto saat ditemui di Gedung DPRD Jatim, Sabtu 24 Juni 2023. 

Lakukan Pencegahan secara Masif, Pj Gubernur Adhy: Angka Perkawinan Anak di Jatim Turun Signifikan

Politisi Partai Demokrat itu menegaskan, bahwa jangan sampai petani semakin terbebani dengan biaya yang lebih besar hanya untuk kebutuhan irigasi pertanian. 

Pasalnya, Subianto menyebut, petani sudah mengalami kesulitan dalam mendapatkan pupuk bersubsidi. Hal ini karena adanya pembatasan sehingga mereka harus disupport dengan pupuk non-subsidi yang belum tentu selalu tersedia.

Halaman Selanjutnya
img_title