Dalam Penyembelihan, Khofifah Himbau RPH Jawa Timur Terapkan Kesejahteraan Hewan

Gubernur Khofifah kunjungi RPH Halal Pegirian
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Halal  Pegirian menjelang Idul Adha 1444 H di Surabaya, Sabtu 24 Juni 2023.

Risma Berat Dapat Rekom PDIP Jatim, Said Abdullah Lebih Tertarik ke Khofifah

Gubernur Khofifah meninjau kesiapan hewan kurban yang akan disembelih Selain itu, ia memastikan langsung peralatan yang nanti digunakan untuk menyembelih hewan kurban. Selain itu, ia memastikan keberadaan juru sembelih halal di RPH Pegirian Surabaya. 

Selanjutnya, mantan Menteri Sosial itu juga meninjau ruang potong hewan yang dalam keadaan bersih, bahkan dilengkapi lafal basmalah di sisi kanan kiri tembok. Tujuannya, agar para penyembelih senantiasa mengingat untuk mengucap basmalah sebelum proses penyembelihan. 

PAN Masih Enggan Sebut Emil Dardak Bakal Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim

"Kami mengepresiasi bahwa di sini hewannya sehat, didampingi dokter hewan, dan juga sudah ada juleha (juru sembelih halal)  yang bersertifikat," katanya.

Bahkan, RPH ini mendatangkan tim dokter hewan dari Universitas Airlangga Surabaya untuk memantau kesehatan para hewan.

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peluncuran Layanan Imunoterapi Nusantara RS Bhayangkara Surabaya

"Luar biasa yang saya lihat karena sapi dan kambing yang sudah dibeli, atau yang disediakan disini, disiapkan makanannya dan dipantau oleh dokter hewan sampai dengan saat penyembelihan hewan kurban nanti. Melihat RPH ini, kita bisa membangun komitmen bersama bahwa hewan ternak juga harus diperlakukan dengan baik," ujar Khofifah. 

Khofifah menekankan, bahwa kesejahteraan hewan ini berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat juga. Jika hewan kurban sehat, maka hal itu akan mendatangkan kebaikan bagi yang berkurban dan yang  mengkonsumsinya. 

Halaman Selanjutnya
img_title