Alasan Media Pondok Jatim laporkan Akun IG yang Buat Konten Jedak Jeduk terhadap Ning

Akun instagram upload konten JJ.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Surabaya, VIVA JatimMedia Pondok Jatim (MPJ) bereaksi setelah sebulan melayangkan keberatan dengan konten yang diupload salah satu akun instagram. Puncaknya mengajak seluruh netizen untuk mereport atau melaporkan secara bersama-sama.

Ketua Umum Media Pondok Jatim, Ahmad Tajuddin Zahro'u menjelaskan kronologi awal mendapat laporan bahwa konten-konten tersebut tidak etis. Pertama masih dilihat dan diselidiki, serta memang benar akun tersebut membuat konten dengan menyalahgunakan kemolekan paras keluarga pondok pesantren.

"Sekarang trending konten JJ bahasa kerennya jedak jeduk. Foto-foto ning-ning (sebutan putri kiai) ditampakkan, bukan tentang keilmuan. Tetapi lebih ke fisik keindahannya siapa yang tidak tergugah," ungkap Ahmad Tajuddin Zahro'u, saat dikonfirmasi, Minggu 25 Juni 2023.

Putrinya Putuskan Lepas Hijab, Atalia Praratya: Minta Doanya, Zara Ada di Situasi yang Tidak Mudah

Hal itu menimpa Ning Jazilah Annahdliyah yang merupakan istri dari KH Abdurrahman Al-Kautsar (Gus Kautsar) beserta putri semata wayangnya. Banyak foto-foto beliau yang dibuat konten yang tidak semestinya.

Media Pondok Jatim lantas berdiskusi dengan pengurus cara untuk menyikapi ini sesuai rumusan hasil halaqah tentang objektifikasi dan eksploitasi pondok pesantren, baik santri putri maupun keluarga masyayikh. Dari situlah membuat ajakan untuk mereport akun @santri_pecinta_kiai. Dimana saat ini sudah dirubah oleh admin menjadi @benaksantri_.

Akhirnya, Bandara Dhoho Kediri Layani Penerbangan Per 01 April 2024

"Direct mesagge (DM) pertama itu langsung surat keberatan. Berharap kita bisa di notice, minimal dibalas tidak cuma diread dari bulan kemarin. Awalnya tidak mau ngurus. Tapi setelah melihat instastory Ning Jazil, wah kita harus bergerak," jelasnya .

Menurut Ro'u, apa yang dilakukan ini juga sesuai dengan amanah hasil halaqah kemarin. Pihaknya bukan membatasi atau melarang orang dalam membuat konten pesantren. Tetapi bagaimana konten kreator menyikapi bahwa membuat konten sesuai etika santri, terutama kita juga sudah banyak terkait ilmu-ilmu etika dalam bermedia sosial.

Halaman Selanjutnya
img_title