Banjir Lahar Dingin Semeru, Lima Warga Lumajang Terjebak Hingga Sore

Lima orang warga Lumajang terjebak banjir lahar dingin Semeru
Sumber :
  • Istimewa

Lumajang, VIVA JatimHujan deras yang mengguyur kawasan Gunung Semeru menyebabkan Sungai Rejali di Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Lumajang banjir lahar dingin. Sejumlah Derah Aliran Sungai (DAS) yang berhulu di Semeru diterjang banjir.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Ketinggian Letusan Abu Vulkanik Capai 1,5 Km

Salah seorang warga Desa Bago, Lehan mengatakan bahwa 5 orang yang terjebak itu sudah berangkat ke lokasi tempat mereka melakukan aktivitas sejak pagi.

"Mungkin mereka ini sopir dan penggali pasir di Kali Regoyo, Desa Bago, Kecamatan Pasirian. Mereka terjebak dan tidak bisa pulang," ujarnya pada Sabtu, 1 Juli 2023.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Lehan mengatakan bahwa banjir lahar dingin dengan debit aliran cukup besar terjadi Sabtu siang. Lima warga itu tidak tahu banjir lahar dingin akan membuat mereka terjebak.

Barulah pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, saat mereka hendak pulang ke rumah masing-masing, mereka baru sadar bahwa banjir lahar tidak memungkinkan untuk menyeberang.

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

"Ya terpaksa kelima orang itu harus menunggu banjir ini surut di seberang sungai supaya mereka bisa menyeberang dan pulang ke rumah," ujar Lehan.

Selain menyebabkan 5 orang terjebak, banjir lahar kali ini juga mengakibatkan aktivitas tambang pasir terhenti karena para penambang takut terseret derasnya banjir lahar.