Cak Rohim Optimis Kejayaan PKB di Surabaya akan Kembali Diraih

Cak Rohim, Caleg DPR RI dapil 1 Jatim
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Jumlah kursi DPR RI untuk PKB di daerah pilihan Jatim 1 (Surabaya-Sidoarjo) diyakini mengalami kenaikan hingga 100 persen, dari jumlah 2 kursi di pileg 2019 menjadi 4 kursi di 2024.

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Caleg DPR RI dapil 1 Jatim Abdul Rohim menegaskan akan all out demi menaikkan kursi PKB di DPR RI. Langkah awal yang dilakukannya dengan memulai konsolidasi masif kepada kader dan jajaran pengurus DPC PKB Kota Surabaya maupun Sidoarjo dalam menyongsong Pemilu 2024 mendatang.

"survei dari konsultan kita bahwa kita di dapil Surabaya Sidoarjo, dapil satu punya peluang dan akan bertambah. Ada tren kenaikan kursi kemungkinan naik menjadi 3 atau 4," kata Abul Rohim saat dikonfirmasi, Senin 3 Juli 2024.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Cak Rohim sapaan akrabnya mengatakan, berbagai strategi dalam penataan pasukan untuk menyukseskan Pileg 2024 di dapil 1 Jatim ini memang menjadi salah satu agenda prioritas PKB. Mengingat salah satu barometer kemenangan dalam setiap pemilu berada di wilayah Jatim dan muara tersebut bertitik di daerah Surabaya dan sekitarnya.

"Surabaya dikenal sebagai barometer politik nasional. Ini juga seiring dengan elektabilitas PKB secara nasional yang menunjukkan potensi kenaikan khususnya di Jatim 1 ," katanya. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Menurutnya, kenaikan kursi di dapil 1 Jatim bukan hal yang mustahil diperoleh PKB, mengingat pada 2024 partai berembrio Nahdhatul Ulama (NU) ini pernah menjadi partai pemenang di Surabaya. Ditambah dengan peserta caleg dari PKB yang dinilainya mempunyai kualitas dan power lebih dibandingkan caleg lain. 

"Secara sejarah PKB pernah besar di Surabaya. Dan karena konsolidasi partai saat ini sangat bagus jadi potensi penambahan suara saat ini sudah bagus. Calegnya juga sangat bagus jadi potensi penambahan suara lebih terbuka," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title