Fraksi PKB DPRD Jatim Ingatkan Pemerintah dan Masyarakat Tingkatkan Mitigasi Bencana

Penasehat Fraksi PKB Jatim, Anik Maslachah
Sumber :
  • A. Thoriq/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Fraksi PKB DPRD Jatim ingatkan semua elemen terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang akan menimpa masyarakat Jatim, khususnya masyarakat di daerah rawan bencana alam, seperti tanah longsor, gempa bumi, banjir dan bencana angin puting beliung.

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Belajar dari pengalaman telah terjadi sebelumnya tentang dampak dari bencana alam, Fraksi PKB pun kembali mengingatkan  setiap level pemerintahan daerah, mulai dari Pemprov Jatim, pemda Kabupaten/Kota hingga pemerintah desa se Jatim agar melakukan mitigasi bersama masyarakat. Hal tersebut dalam rangka untuk meminimalisir resiko dampak bencana. 

Penasehat Fraksi PKB Jatim, Anik Maslachah, mengatakan peringatan tersebut menurutnya tidak lepas dari kondisi anomali cuaca yang cukup ekstrim, salah satunya musim hujan sudah melanda Jawa Timur. 

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Diketahui, salah satu akibat intensitas hujan yang tinggi tersebut telah menyebabkan terjadinya lahar dingin di lereng Gunung Semeru Lumajang pada hari Jumat kemarin yang menelan tiga korban jiwa.  Sebab itu mitigasi bencana menjadi perhatian serius dan harus segera terlaksana.

“Mitigasi harus terus dilakukan oleh pemerintah dengan melibatkan langsung masyarakat. Sosialisasi kewaspadaan bencana  atau siaga di setiap titik daerah hingga desa adalah hal wajib yang harus dilakukan,” kata Anik Maslachah yang juga Sekretaris DPW PKB Jatim ini, Sabtu 8 Juli 2023.

Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

Untuk itu, dalam mitigasi bencana, Wakil Ketua DPRD Jawa Timur itu berharap pemerintah melibatkan seluruh elemen stakeholder seperti BPBD, Basarnas, TNI, Polri dan lembaga kemasyarakatan. Karena itu, mitigasi harus dipastikan dengan kesiapan infrastruktur siaga bencana, termasuk juga kesiapan sumber daya manusia dalam recovery penyelamatan. 

“Kita berharap pemerintah provinsi dan kabupaten/kota selalu mengalokasikan anggaran yang cukup untuk penanggulangan bencana,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title