Fraksi Gerindra Fokus Kawal Perda RTRW untuk Mitigasi Bencana Alam

Gus Fawait, Ketua Fraksi Gerindra DPRD Jatim
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Fraksi Gerindra DPRD Jawa Timur Muhammad Fawait akan fokus mengawal Perda RTRW bagaimana tata ruang ini harus sesuai dengan ketentuan. Mengingat potensi bencana alam di Jatim tinggi. Sehingga penataan tata ruang yang tidak tepat yang itu juga bisa menimbulkan bencana.

Setelah NasDem, PKB dan PKS, Kini Giliran PAN Beri Surat Rekomendasi ke Gus Fawait

Menurutnya, tingginya bencana alam di Jatim salah satu sebabnya adalah penataan tata ruang yang tidak sepadan dengan keseimbangan hutan yang banyak dijadikan lahan pertanian bahkan didirikan suatu pemukiman.

"Fokus mengawal bagaimana tata ruang ini harus sesuai dengan ketentuan, sehingga tata ruang ini, bisa meminimalisir terjadinya banjir dan lain sebagainya," kata Ketua Fraksi Gerindra Jatim Muhammad Fawait, Rabu 12 Juli 2023.

Gus Fawait Borong Rekomendasi, Usai NasDem dan PKB Kini Giliran PKS yang Merapat

Selanjutnya, terkait masalah hutan gundul juga harus terpikirkan, ia katakan seharusnya kebijakan pemerintah bisa dijadikan sebuah kebijakan yang tidak tunggal, tapi bisa berkesinambungan. Sinergitas antara pemerintah disemua tingkatan harus dilakukan agar masalah hutan gundul ini dapat teratasi tanpa menghilangkan mata pencaharian warga dengan memberikan ruang dengan pemanfaatan wilayah perkebunan.

"Perkebunan yang bagus akan mencegah banjir, ini perlu sinergi dengan pihak perkebunan," terang Gus Fawait.

Kholiq Anggota DPRD Jatim Wafat, Fraksi PKB: Meninggal dalam Tugas Pengabdian

Lebih dari itu, Presiden Laskar Shalawat Nusantara (LSN) ini katakan, juga harus ada perencanaan jangka pendek, jangka menengah dan panjang. Hal tersebut dapat dirumuskan dengan pemanfaatan APBD baik milik pemprov dan kabupaten/kota.

Pemanfaatan APBD ini, masih kata Gus Fawait, dapat diarahkan untuk peningkatan ekonomi, seperti memberikan pelatihan UMKM, serta pendampingan pemasaran digital agar UMKM itu dapat berjalan berkesinambungan.

Halaman Selanjutnya
img_title