Di Terminal Purabaya, Wali Kota Surabaya dan Menteri Perhubungan Bahas Realisasi Jalur Ganda KA

Wali Kota Surabaya dan Menteri Perhubungan Berdiskusi
Sumber :
  • Humas Pemkot Surabaya

Surabaya, VIVA Jatim-Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi mendampingi kunjungan Menteri Perhubungan Republik Indonesia (Menhub RIBudi Karya Sumadi, di Terminal Purabaya Sidoarjo, Jumat 14 Juli 2023.

Maju Pilwali Surabaya 2024, Kader Gerindra Hadi Dediansyah Janji Bikin Perubahan

Menhub RI Budi Karya Sumadi bersama Eri Cahyadi membicarakan soal rencana pembangunan jalur transportasi kereta api (KA). 

Wali Kota Eri Cahyadi berdiskusi secara langsung dengan Menhub RI Budi Karya Sumadi mengenai rencana pembangunan double track (jalur ganda) KA, mulai dari Stasiun Surabaya Pasar Turi hingga Stasiun Sidoarjo. Rencana pembangunan jalur ganda ini, sebagai salah satu sarana untuk memenuhi kebutuhan transportasi umum antar kota. 

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Wali Kota Eri mengatakan, saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI telah melakukan empat tahap pengkajian jalur ganda KA. Kajian yang dilakukan oleh Kemenhub diantaranya adalah jalur ganda KA Surabaya-Sidoarjo, Lamongan-Sidoarjo, Lamongan-Mojokerto, Lamongan-Gresik-Sidoarjo. 

"Jadi insyaallah yang akan dikerjakan itu adalah Sidoarjo-Surabaya," kata Wali Kota Eri Cahyadi. 

ASN Bisa WFH 16-17 April 2024, Menhub RI: Perkuat Manajemen Arus Balik Lebaran

Dalam rencana pembuatan jalur ganda tersebut, ada titik yang menjadi konsen Kemenhub RI. Titik tersebut yakni kawasan Bundaran Aloha, Kabupaten Sidoarjo. Kawasan ini menjadi konsen Kemenhub RI lantaran sering terjadi kepadatan arus lalu lintas. 

"Kita membutuhkan double track, sehingga nanti insyaallah sudah ada perhitungan-perhitungan, tadi yang disampaikan (Menhub) bagaimana soal pengerjaannya. Semoga bisa segera dilaksanakan, karena kan sekarang sudah dilakukan studi kelayakan (feasibility study)," ujar Wali Kota Eri. 

Halaman Selanjutnya
img_title