DPRD Jatim dan Gubernur Narathiwat Berembuk Peluang Kerja Sama Bilateral

Gubernur Narathiwat Sanan Phongaksorn bersama Anwar Sadad.
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimGubernur Narathiwat, Thailand, Sanan Phongaksorn, melakukan kunjungan kerja ke DPRD Jatim di Surabaya pada Minggu kemarin. Didampingi Rektor Universitas Nurul Jadid Paiton KH Abdullah Hamid Wahid, Phongaksorn membahas soal peluang kerja sama antara Provinsi Jatim dengan Narathiwat, terutama di bidang pendidikan dan ekonomi.

Dari Ahmad Dhani Hingga Gus Fawait, Gerindra Siap Sapu Kemenangan di 24 Daerah se Jatim

Di gedung dewan, Phongaksorn dan rombongan ditemui oleh Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad. "saya sebagai pimpinan DPRD sangat menyambut baik dan ini akan memperkuat hubungan Indonesia dan Thailand secara umum, khususnya Jawa Timur dan Narathiwat," katanya dikutip VIVA Jatim, Senin, 24 Juli 2023.

Dia menjelaskan, topik yang dibahas dalam pertemuan itu ialah upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) di masing-masing provinsi dari dua negara tersebut. Karena itu, aspek pendidikan jadi gagasan utama untuk diwujudkan dalam kerja sama antara Jatim dengan Narathiwat.

Gerindra Siap Menangkan 24 Pilkada di Jatim, Ini Nama-nama Calonnya

Kerja sama di bidang pendidikan itu tentu saja akan menguntungkan bagi kedua belah pihak. Untuk Jatim, akan terbuka peluang bagi putra-putra daerah untuk melanjutkan studi di Narathiwat. Menurut penuturan Phongaksorn, papar Sadad, sebanyak 78 mahasiswa asal Indonesia kini berkuliah di Narathiwat.

"Dan ingin kerja sama ini berlanjut terus, karena beliau ini merasa mahasiswa Indonesia di sana itu berkualitas baik," ujar Ketua DPD Gerindra Jatim itu.

Santai Hadapi Pilgub Jatim 2024, PKB Tegaskan Fokus dulu Perkara Pilpres di MK

"Saya akan mendorong karena ini merupakan sesuatu kesepakatan atau kesepahaman yang G2G (pemerintah ke pemerintah), sehingga membuka kesempatan lebih besar untuk anak-anak mendapatkan pendidikan lebih baik," imbuh Sadad.

Di bidang agrobisnis, Sadad menyebut Pemprov Jatim masih perlu melakukan upaya peningkatan untuk memaksimalkan potensi ekonomi yang ada, khususnya dalam bidang produksi. Dan kerja sama dengan Narathiwat, Thailand, adalah pilihan yang tepat.

Halaman Selanjutnya
img_title