Teladani Masyayikh, Ponpes Annuqayah Latee bakal Peringati Usia 1 Abad

Pondok Pesantren Annuqayah Latee, Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim – Pondok Pesantren Annuqayah Latee, Guluk-Guluk, Sumenep, Jawa Timur bakal memperingati usianya yang sesaat lagi sampai 1 abad atau 100 tahun. Pesantren yang didirikan KH Abdullah Sajjad pada 1923 itu akan mensyukuri usia 1 abad dengan Istigasah dan ragam kegiatan lainnya.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Diketahui, Istigasah 1 Abad Pondok Pesantren Annuqayah Latee bakal berlangsung pada Senin depan, 7 Agustus 2023. Panitia telah menyiapkan sejumlah agenda yang bisa mewadahi keterlibatan para santri dan alumni. Hingga kini segala persiapan terus dilakukan.

Ketua Panitia Istigasah 1 Abad, Taufiqurrahman mengatakan, agenda tersebut merupakan wujud syukur Pondok Pesantren Annuqayah Latee yang tetap dipercaya oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan untuk memperdalam ilmu agama.

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

“Hal ini sebagaimana yang sering disampaikan pengasuh (KH Abd A’la) dalam beberapa pertemuan alumni di sejumlah daerah,” kata Taufiqurrahman dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Senin, 31 Juli 2023.

Di samping itu, sebagai upaya menjaga sanad para alumni dalam meneladani masyayikh terkait penanaman pendidikan agama, umum, dan karakter. Pendidikan karakter yang ditanamkan masyayikh dalam laku kesehariannya, bertalian erat dengan nilai-nilai ketauladanan tertentu kepada para santri dan alumni, yang tidak sepi dari unsur pengetahuan, kesadaran, dan tekad yang kuat.

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

“Misalnya dalam hal menjaga akhlakul karimah, istikamah dalam shalat berjamaah dan menghadiri acara sosial keagamaan masyarakat, serta konsisten dalam menjaga dan menjalankan ajaran Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” terangnya.

Taufiqurrahman menyebutkan, kegiatan ini mengusung tema ‘Meneladani Perjuangan Masyayikh sebagai Nilai Dasar Pondok Pesantren Annuqayah Latee’. Ada sejumlah rangkaian kegiatan dalam acara ini, mulai pagi hingga malam, yang digelar di halaman Pondok Pesantren Annuqayah Latee.

Halaman Selanjutnya
img_title