Pengrajin Bendera Tulungagung Kebanjiran Pesanan hingga Luar Daerah

Perajin Bendera Tulungagung Kebanjiran Pesanan
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim-Bulan Agustus identik dengan pemasangan bendera merah putih, umbul-umbul hingga ornamen pernak-pernik mengisi HUT RI ke-78. Pengrajin bendera merah putih di Tulungagung kebanjiran pesanan dari berbagai daerah.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Salah satu pengrajin bendera dan umbul-umbul, mam Safii mengatakan jumlah orderan ini sudah mulai mengalami kenaikan sejak awal bulan Agustus ini. Selain untuk memenuhi kebutuhan di tingkat lokal, pesanan ini juga berasal dari sejumlah daerah seperti Trenggalek, Nganjuk, Ponorogo dan Mojokerto.

"Jumlah pesanan bendera dan umbul-umbul dari luar daerah meningkat," ujarnya, Senin, 7 Agustus 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ia mengungkapkan jumlah orderan meningkat hingga bila dibanding tahun 2022. Disisi lain, pengrajin mulai kesulitan mendapatkan bahan baku kain. Tingginya jumlah permintaan ini membuat bahan kain untuk bendera dan umbul-umbul mulai sulit didapat.

Banyaknya agenda yang membutuhkan bendera dan umbul umbul pada bulan Agustus menjadi salah satu penyebab tingginya permintaan pasar. Dalam sehari mereka mampu memproduksi 1000 lembar bendera dan 500 buah umbul umbul. Bahkan untuk memenuhi permintaan ini, stok bendera dan umbul-umbul yang masih dalam kondisi bagus juga laku dijual

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Permintaannya meningkat hingga 10 kali lipat dibanding hari biasa," ujarnya. 

Menurutnya, jenis yang paling banyak diburu adalah umbul-umbul model klasik pada tahun ini. Model itu hanya berwarna merah putih tanpa memiliki tambahan sablon burung garuda maupun lainnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title