Yuk Nonton! Ada Pentas Seni Muslim Xinjiang di Festival Hijriah Republika Surabaya

Pengunjung memasuki area Festival Hijriah Republika
Sumber :
  • Mokhammad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Setelah sukses menyambangi delapan kota di tanah air. Festival Hijriah Republika kembali digelar di Jatim Expo, Kota Surabaya pada Kamis, 10 Agustus 2023. Nantinya, festival akan diisi pertunjukan seni muslim asal Xinjiang, China.

14 Tahun Menanti, Kini Tim Indonesia Berhasil Masuk Semifinal Thomas & Uber Cup 2024

Wakil Pemimpin Redaksi Republika, Nur Hasan Murtiaji mengatakan, dipilihnya kesenian muslim dari Negeri Tirai Bambu tersebut, bertujuan untuk mengangkat perspektif lain dalam mengenalkan kebudayaan Islam.

Menurutnya, banyak budaya-budaya Islam dari mancanegara yang belum dikenal luas oleh masyarakat Indonesia salah satunya budaya Islam Xinjiang. Diketahui, Xinjiang sendiri merupakan provinsi di wilayah barat laut China yang dikenal kaya akan budaya.

Perusahaan Kimchi Ternama di China Andalkan Halalin untuk Sertifikasi Halal

"Kesenian Islam di Xinjiang sangat membudaya, mengurat akar. Nah kita ingin mengenalkan ke warga Surabaya supaya saling mengenal. Dalam surat Al Hujurat Ayat 13 disebutkan, Allah menciptakan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal," kata pria yang disapa Hasan.

Lebih lanjut, Hasan menyampaikan bahwa Seni Muslim Xinjiang nanti akan dibawakan oleh etnis Tionghoa dari daratan China, yang tak semuanya beragama Islam. Sebagian justru pemeluk agama lain.

Qatar Tumbangkan China, Jadi Kabar Baik Buat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Pakaian saat manggung yang dikenakan para seniman juga tergolong unik, selain berkerudung, mereka juga menambah asesoris berupa topi tinggi seperti yang dikenakan para kaum Sufi.

"Juga menggunakan rebana sebagai alat musiknya," singkat Nur Hasan.

Halaman Selanjutnya
img_title